Bincang Bareng Om Richard Bersama “Richfield Edbert” Juri di ARCC

Hai JCulers, begimana kabar kalian? pasti baik dong.

Kali ini ada artikel sumbangan dari temen kita Richard. Judul artikelnya kayaknya udah ga asing ya… Di youtube ada acaranya juga sih.

 

JCulers yang suka cosplay pasti sebagian besar udah pada tau dong ya siapa Richfield Edbert?

Kalau belum tau, JCul ulas sedikit yaa, Pria kelahiran 7 August 1981 adalah brand ambassador untuk AFA (Anime Festival Asia) dan juga salah 1 juri untuk ARCC (AFA Regional Cosplay Championship) asal Indonesia loh…

Karir beliau dimulai sejak 2008 dan telah mengikuti berbagai lomba sampai akhirnya beliau mengikuti lomba dan menjadi juara 2 sehingga mengantar beliau menjadi salah 1 cosplayer yang banyak menginspirasi cosplayer lainnya.

Richfield (Skullman Tengah) bersama bintang tamu sekaligus juri di kompetisi ARCC di AFAID14

 

Penasaran sama wajah asli Richfield Edbert saat lagi ga cosplay? nihhh dia

 

Richfield Edbert normal mode

Karir cosplay beliau pastinya sangat panjang dan menarik untuk di simak.

 

Yaudah yuk langsung aja simak bincang-bincang Richard dengan Richfield.

 

Richard (R): Halo j-culers, saya berkesempatan untuk bincang-bincang dengan salah satu “sesepuh” di dunia cosplay terutama cosplay Indonesia loh, dan khusus untuk j-cul saya bagikan artikel ini, yuk kita sambut Richfield Edbert (RE).

 

R : Halo ko Richfield, apa kabar?

RE : Halo juga, baik nih.

R : Saya mau kepo-kepo dikit boleh ya? bersedia jawab pertanyaan dari saya?

RE : Sediaber.

 

R : Ko Richfield sejak kapan mulai cosplay?

RE: Tahun 2008

 

R : apa sih yang buat ko Richfield tertarik ke dunia cosplay?

RE : Cita-cita waktu kecil adalah jadi ‘suit actor’ yaitu aktor yang pakai kostum di film-film sci-fi seperti Robocop, Predator, dll. Ingin dapat menghibur orang lain dari profesi tersebut. Karena satu dan lain hal tidak dapat merealisasikan cita-cita masa kecil. Saat mengenal Cosplay, saya melihat ini juga jalan mewujudkan cita-cita itu. Sama-sama menghibur orang melalui karakter-karakter yang diperankan.

 

R : Ohh gitu ya, trus kalo cosplayer yang menginspirasi ko richfield?

RE : Goldy Marg. Dia mewujudkan banyak karakter robot yang saya suka.

 

R : di dunia cosplay pernah punya nama cosplay atau selalu pakai richfield?

RE : Selalu Richfield. Karena nama itu tidak umum dan banyak orang sangka itu bukan nama asli, jadi saya pakai.

 

R : pernah datang ke event jejepangan sebagai peserta lomba cosplay?

RE : Awalnya saya juga peserta lomba. Mulai juara sejak pakai kostum ke-2 yaitu The Skullman.

Skullman

————————————

R :  Koko punya hewan peliharaan? kalau ada namanya siapa?

RE : Sudah tidak ada. Dulu punya anjing, namanya bleki karena hitam bulunya.

Lalu 2 tupai : Chip and Dale.

Seekor burung Elang : Sky.

 

R : Minuman dan makanan favorit koko?

RE : Minuman : Susu putih. Makanan : bakpau

 

R : (kalau merasa ini privasi gapapa gausah dijawab) Ko richfield punya pacar/sudah menikah?

RE : ….. next ……

 

R : Gimana cara koko menghadapi haters?

RE : Nggak ambil pusing karena apa saja yang kita lakukan akan tetap salah di mata mereka. Lebih baik fokus pada orang2 yang mengajak kita untuk maju secara positif.

 

R : Hoo~ gitu ya, nice.. nice.. Trus kalo arti fans untuk koko?

RE : Mereka adalah teman dan orang2 yg memerlukan inspirasi serta teladan dari saya untuk juga dapat meraih cita2 mereka dalam segala bidang.

 

R : Ada pesan untuk para cosplayer/calon cosplayer yang ingin mencoba cosplay karena terinspirasi oleh koh richfield?

RE : Saya pun memulainya dari nol dan ada proses belajar hingga sekarang. Jangan takut berbuat salah karena dengan kesalahan kita jadi tahu kebenaran. Kalo ada pertanyaan silahkan tanya.

 

R : Makna cosplay itu sendiri menurut koko?

RE : Friendship, Dream come true & Creativity

 

R : sejak jadi cosplayer, pernah dibully/dihina keluarga/teman?

RE : Nggak karena jadi cosplayer saja sih saya dikatain keluarga dan teman, tapi sejak saya berkeputusan untuk terus memelihara kenangan anak2 dengan melanjutkan baca komik, nonton anime dan koleksi mainan. Mereka bilang saya seperti anak kecil. Saya balas “karena masa kecil saya menyenangkan makanya saya bawa sampai usia dewasa. kalo masa kecil saya nggak enak ya saya lupakan.”

 

R : Seandainya ga jadi cosplayer, kira-kira koh richfield akan jadi apa?

RE : 3D Animator, mungkin.

 

R : Nah, kita sampai di pertanyaan terakhir nih ko, punya ketertarikan lain selain di dunia cosplay? misalnya jadi model majalah atau pemain sinetron/film layar lebar.

RE : Jadi movie maker atau aktor atau 3D animator. Saya suka dunia seni peran. Selalu tertarik pada behind the scene dari setiap film yang saya tonton. Saya pun sudah pernah membuat 2 film loh. Film rohani untuk pelayanan di gereja saya. Dulu saya sempat juga kuliah 3D animator di Art Institutes San Francisco. ^^

 

R : Okeee, terimakasih atas waktunya ya ko Richfield, maju terus karirnya dan teruslah menginspirasi.

 

Yupp, itu tadi bincang-bincang saya dengan Richfield Edbert, kesan dari saya orangnya ramah dan menyenangkan. Sampai disini dulu Bincang-Bincang Bareng Om Richard, sampai ketemu di Bincang-Bincang Bareng Om Richard berikutnya..

 

Thanks j-cul udah muat artikel saya wkwkwkwk

 

Untuk yang ingin mengenal Richfield Edbert lebih jauh, bisa kunjungi Fanpage-nya di Facebook.com/redcomne

 

Dibawah ini beberapa foto beliau saat dalam mode cosplay

10553389_10152404678269818_6849434180941722906_n 253114_10151078177239818_515430559_n 425658_10150546342799818_1489830959_n 427705_10151239868199818_7161953_n

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya