Berkenalan Dengan JAM Project, Group Para Penyanyi Soundtrack Anime

Hironobu Kageyama, Masaaki Endoh, Eizo Sakamoto dan Rica Matsumoto membentuk grup dengan kepanjangan Japan Animationsong Makers (JAM) Project ini pada 19 Juli 2000 silam. Sejak menjadi grup, mereka juga membawakan lagu-lagu khusus untuk tema anime, game dan tokusatsu. Single pertama yang diluncurkan berjudul Kaze ni Nare. Beberapa saat kemudian, barulah sosok Hiroshi Kitadani dan Masami Okui masuk ke dalam grup ini. Bahkan, mereka merekrut penyanyi keturunan Brazil, Ricardo Cruz. Nama Ichirou Mizuki juga sempat terlibat sebagai penggagas grup ini, meskipun bukan anggota tetap. Yoshiki Fukuyama juga menjadi anggota tetap dalam supergroup satu ini.

jam-project-all

Coba saja tengok anime One Piece, Dragon Ball, Macross, Mazinger, Pokemon, serialKamen Rider, serta beberapa judul lain dengan lagu tema beraliran rock. Bisa dipastikan, banyak nama-nama para personel JAM Project pernah menyanyikan judul-judul anime yang sangat tenar tersebut. Sayangnya, Eizo Sakamoto dan Rica Matsumoto terpaksa harus keluar dari grup. Eizo keluar pada 2003 dan Rica keluar pada 2008, dibarengi Ricardo Cruz dan Ichirou Mizuki yang mulai jarang terlibat JAM Project. Kini, Hironobu Kageyama, Masaaki Endoh, Hiroshi Kitadani, Masami Okui dan Yoshiki Fukuyama meneruskan karier JAM Project, membuktikan sebagai supergroup berusia lanjut yang masih memberikan nafas rock pada lagu-lagu anime, game dan tokusatsu.

JAM+Project

Judul-judul anime yang lagunya sudah dikerjakan oleh JAM Project antara lain eX-Driver, Gravion, MazinKaiser, New Getter Robo, Robonimal Panda-Z: The Robonimation, Scrapped Princess, The SoulTaker, Yu-Gi-Oh! Duel Monster GX, hingga kolaborasi anime dan game berbasis franchise Super Robot Wars. Album yang sudah diproduksi sudah cukup banyak. Mulai dari 9 album kompilasi khusus anime yang selalu diberi tema ~JAM Project Best Collection~ dibelakangnya, hingga 3 album yang merupakan karya asli mereka dalam dunia musik di luar ranah anime dan game. Belakangan, mereka masih terlihat manggung di beberapa wilayah Amerika Utara maupun Amerika Selatan. Label JAM Project, Lantis kini sudah memasang video baru dari lagu-lagu mereka, Maximizer dan Wings of the Legend di situs YouTube. Hingga kini, jiwa rock dari para penyanyi tema anime ini masih terus berlanjut dengan karya-karya terbarunya.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya