BCTION! Seniman Spesialis Gedung Tidak Terpakai

bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-2

JCulers kalian suka seni? suka grafiti? nah nahhh di Jepang ada tren baru nih, hmm.. sebenernya ga baru-baru banget sih.

Jadi sekitar beberapa tahun belakangan ini ada istilah “art-jacking” dimana beberapa seniman jalan “mencorat-coret” tembok bangunan tua sebelum bangunan itu dihancurkan.

 

Kegiatan ini menjadi sangat populer dan sukses ketika pertama kali dimulai di bekas Kedutaan Besar Prancis, yang memungkinkan seniman untuk mengambil alih setiap sudut dari tempat yang lama untuk di”corat-coret”  pada tahun 2009 dan 2010.

 

Trans Art Tokyo, yang saat ini sedang berjalan sekarang, telah mengubah bangunan tua (dan beberapa baru) di lingkungan Kanda dengan berbagai pameran seni dan acara. Tahun ini termasuk didalamnya seni ikan paus terbang! Penerbit Shogakukan juga mengundang orang untuk membuat graffiti dinding sebagai penghormatan untuk manga selama bertahun-tahun tak lama sebelum bangunan Shogakukan dihancurkan.

 

Nah, di BCTION tergabung kurang lebih sekitar 70 seniman individu dan grup seniman yang telah mengambil alih semua sembilan lantai bangunan di Kojimachi, pusat kota Tokyo, dan mengubah semuanya menjadi maha karya besar tak lama sebelum bangunan itu dihancurkan.

Gimana JCulers.. Keren banget kan aksi BCTION ini, untuk yang mau lihat beberapa hasil “coretan” mereka bisa lihat digambar dibawah ini

 

bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-3 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-4 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-5 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-6 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-7 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-8 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-9 bction-tokyo-kojimachi-building-art-event-demolish-10

 

Untuk JCulers yang mau liat video hasil karya BCTION bisa tonton disini:

 

Sumber: http://www.japantrends.com/category/culture/

  1. Serafina
    3 tahun yang lalu

    Wow..

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya