Band Jepang Yang Beranggotakan Robot

Z Machines adalah sebuah band asal jepang yang beranggotakan robot-robot yang pintar dalam bermain musik. Band ini merupakan band robot futuristik yang piawai bermain gitar, drum, dan keyboard yang tak kalah keren dengan permainan yang dimainkan oleh manusia. Ide ini dikemukakan dari sebuah gagasan Yoichiro Kawaguchi, Profesor IT di University of Tokyo, dan seorang desainer mekanik Naofumi Yonetsuka, mereka ingin menghidupkan musik dengan menciptakan sesuatu yang futuristik dan menarik.

 

Z-Machines-robots
Band robot ini sendiri diwakili oleh 3 personil, diantaranya Asyura, drummer yang dapat bermain 22 drum secara bersamaan, serta dapat mengeluarkan suara seperti empat orang bermain drum di waktu yang sama. Mach, gitaris yang menggunakan 78 jari tangan dan 12 panduan yang memungkinkan dia menjadi penantang terberat para pemain (manusia) gitar terbaik. Cosmo, keyboardis yang dapat memainkan keyboard dengan menggunakan laser yang berasal dari matanya.
Memang terdengar seperti band yang sangat canggih. Namun apakah benar, robot-robot ini akan benar-benar manggung? Yap tentu saja, robot pintar ini sudah manggung di salah satu klub malam yang sangat terkenal di Jepang dengan berkolaborasi bersama penyayi (manusia) duo Amoyamo.

Z-Machines-robots_1

Para pencipta Z Machinese meminta bantuan DJ Tasaka, seorang Disc jockey yang terkenal di Jepang, untuk membuat sebuah lagu untuk debut pertama mereka. Pada awalnya, ia berencana akan membuat lagu disko-elektro tadisional, tapi setelah ia melihat mereka mampu bermain baik pada saat latihan, ia memutuskan akan membuat sesuatu yang benar-benar sulit untuk mereka mainkan.

Duo Amoyamo yang telah berkolaborasi dengan Z Machinese juga memiliki kekaguman mendalam akan robot ini. Pasalnya, mereka hanya berlatih satu kali sebelum acara digelar. Sementara itu, professor Kawaguchi berharap, Z Machinese dapat bermain di luar angkasa seperti di Bulan atau di Kutub Utara Mars.

Videonya:

 

Sumber: pulseradio.net

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya