Bagaimana Cara Makan Makanan Jepang?

Jepang menggunakan sumpit dalam kesehariannya. Makan menggunakan sumpit tentu saja tidak semudah menggunakan sendok. Kalian perlu latihan khusus untuk bisa menggunakan sumpit yang baik dan benar. ada banyak aturan dalam makan di meja makan di Jepang. Dengan berbagai macam makanan yang disajikan, setiap makanan mempunyai cara tersendiri untuk menyantapnya.

Berikut cara-cara untuk menyantap makanan jepang, yang mana pakai sumpit dan sendok :

NASI

Dekatkan nasi dengan bibir,tepat di depan dagu, tangan kiri memegang mangkok, dan tangan kananmengarahkan nasi ke dalam mulut memakai sumpit. Jangan menuangkan kecap ke dalam nasi.

nasi-jepang

 

SUSHI

feng-sushi-kensington

Tuangkan kecap ke dalam piring kecil yang telah  disediakan. Tuang secukupnya, jangan sampai berlebihan, karena perilaku dianggap kurang sopan jika membuang-buang kecap.

Kalian tidak perlu menambahkan wasabi ke kecap, karena beberapa sushi yang cocok dengan wasabi sudah berisi washabi.  Namun, jika kalian memang ingin untuk menambahkan wasabi, ambilah sedikit sehingga tidak menyinggung koki sushi. Jika kalian tidak suka wasabi,kalian dapat meminta agar semua sushi tanpa washabi.

Secara umum, kalian seharusnya makan sepotong sushi dalam satu gigitan. Jika kalian memotongnya menjadi beberapa gigitan, itu akan menyebabkan sushi menjadi hancur. Tangan ataupun sumpit dapat digunakan untuk memakan sushi.

Ada beberapa aturan berbeda untuk memakan sushi sesuai dengan jenis sushi itu sendiri, seperti nigiri-zushi, dimana potongan sushi dicelupkan ke dalam kecap secara terbalik, sehingga ikan terlebih dahulu menyentuh saus.

SASHIMI

sashimi-resized

Tuangkan kecap secukupnya ke dalam piring kecil yang disediakan. Taruh beberapa wasabi pada potongan sashimi, tapi hati-hati untuk tidak menuangkan wasabi terlalu banyak karena hal ini akan mengalahkan rasa ikan. Celupkan potongan sashimi ke dalam kecap. Beberapa jenis sashimi lebih enak dinikmati dengan bubuk jahe daripada wasabi.

SUP MISO

Sup-Miso-J-cul

Minum sup miso dari mangkuk langsung selagi hangat, dan potongan-potongan ikannya ambil dengan sumpit atau sendok yang telah tersedia.

NOODLES

ramen

Gunakan sumpit untuk makan mie. Suara menyeruput saat makan mie dianggap sopan di jepang, karena itu menunjukkan kalian benar-benar menikmati rasa mie tersebut. Jika disediakan sendok keramik, gunakan sendok itu untuk mengambil kuahnya, jika tidak kalian bisa mengangkat mangkoknya langsung.

CURRY RICE

care

Nasi kari jepang dimana nasi dicampur dengan kari dan ditambahkan toping seperti ayam, dll. Akan sulit menggunakan sumpit untuk makan nasi kari, sendok besar akan disediakan untuk makan nais kari.

MAKANAN UKURAN BESAR

chicken_roll-450x300

Jika kalian berhadapan dengan makanan jepang dalam ukuran yang besar, potong kecil menggunakan sumpit ( ini perlu latihan khusus) atau ambil dengan sumpit, gigit sepotong dan sisanya taruh kembali ke piring kalian.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

 

Sumber: www.japan-guide.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya