Awal Pertemuan Pasangan Mempelai Pernikahan di Jepang

Sebelumnya j-cul sudah pernah membahas mengenai tradisi pernikahan di Jepang yang dapat dibaca disini. Dan berikut adalah jenis-jenis awal pertemuan kedua mempelai sehingga akhirnya menikah.

職場結婚 (Shokuba Kekkon)

Shokuba Kekkon diambil dari kata Shokuba yang artinya tempat kerja dan kekkon yang artinya pernikahan. Jadi shokubakekkon adalah suatu pernikahan dimana mempelai pria dan wanita pertama kali bertemu dan menjalin cinta di tempat kerja. Jika di Indonesia, ini biasa di sebut dengan Cinta Lokasi (Cinlok).

SONY DSC

恋愛結婚 (Renai Kekkon)

Renai artinya dalam bahasa jepang yaitu cinta romantic, sedangkan kekkon artinya pernikahan. Jadi jika kedua kata digabungkan menjadi suatu perkawinan dengan cinta yang romantic. Pernikahan renaikekkon adalah suatu pernikahan yang diawali dengan adanya saling cinta antara kedua mempelai tanpa uluran tangan orang lain.

photo

見合い結婚 (Miai Kekkon)

Miaikekkon artinya suatu pernikahan yang diawali dengan bantuan orang lain atau dalam bahasa Indonesianya mak comblang. Biasanya mereka kenal setelah diperkenalkan oleh orang tua, saudara, teman atau jasa seperti take him out atau take me out. Rasa cinta biasa timbul setelah mereka diperkenalkan oleh mak comblang tersembut.

nikah_4

国際結婚 (Kokusai Kekkon)

Yang dimaksud dengan kokusaikekkon adalah suatu pernikahan yang dilakukan oleh orang jepang dengan orang berwarganegaraan lain. Contohnya pernikahan yang dilakukan oleh orang Jepang dan orang Indonesia. Fenomena pernikahan iini sudah terjadi pada zama Meiji lalu, yaitu banyaknya perniikahan antara orang jepang dengan orang eropa.

nikah_2

 

Kalian masuk yang mana? atau tidak ada di dalam daftar diatas? 😀

 

Sumber: www.japanindocuteculture.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya