Apakah Kamu Seorang “Nijikon”?

Nijikon (二次コン) adalah istilah yang dalam bahasa Jepang  digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figur boneka dari karakter tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (二次元コンプレックス, Nijigen kompurekkusu? 2-dimension complex).

Pada kasus yang serius, laki-laki penderita Nijikon hanya memiliki rasa cinta kepada karakter perempuan dalam anime, manga, atau permainan video. Pada pria maupun wanita penderita Nijikon, minat seksual terhadap manusia lawan jenis atau kehidupan nyata sudah tidak ada lagi.

Nijikon lebih banyak ditemukan pada kalangan pria. Pria cenderung lebih mudah ‘terserang’ nijikon, mengingat nafsu Cowok terhadap Cewek lebih besar ketimbang sebaliknya.
Selain itu, di pasaran anime/manga shonen dan seinen (yang biasanya melibatkan chara Cewek yang good-looking atau ‘moe’) lebih banyak daripada anime/manga shojo dan josei. Bishojo game pun jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang bishonen game.
Cowok nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga ‘moe’, seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga ‘mainstream’ semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, atau Death Note.

Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowok nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri)

Pada salah satu tokoh anime/manga. Atau ‘poligami’ dengan membuat semacam harem terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila ‘ditawari’ Cewek 3D .
Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewek 2D (Cewek dalam anime/manga).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut,
Biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori).
Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.

Karena alasan nomer 2 diatas, maka mereka cenderung jomblo.

nijikon

Nijikon jarang sekali ditemukan pada kalangan cewek, mengingat cewek kebanyakan lebih menggemari drama-drama Korea/Jepang yang kebanyakan diantaranya melibatkan cowok-cowok ganteng. Namun kalaupun ada kalangan cewek yang Nijikon, ciri-cirinya sendiri tidak berbeda jauh dengan cowok nijikon.

Ciri-cirinya (yang bisa terlihat) untuk cewek nijikon antara lain:

1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan tokoh anime favoritnya

Misalnya nama realnya adalah Ayu, tokoh favoritnya adalah Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka dia mengubah namanya menjadi Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama yang berbau Jepang, dalam kasus ini menjadi Ayumi, misalnya).

2. Memasang foto tokoh anime/manga favoritnya di situs-situs jejaring sosial sebagai primary atau sebagai avatar/siggy forum; 
Biasanya ditambahi embel-embel yang menyatakan kecintaan terhadap tokoh tersebut ataupun sebagainya.

3. Mengaku-ngaku sebagai suami dari tokoh anime/manga favorit yang bersangkutan.
Berkaitan dengan poin nomor 1 diatas.

nijikon

Selain nijikon ada pula yang disebut dengan weaboo


Sumber: cintalaruku

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya