Apa Yang Salah Dengan Cosplay Original ?

Pernahkah jculers mendengar istilah Cosplay Original ? atau Ori Chara ( OC ) dikalangan cosplayer? mungkin kata ini masih banyak disalah artikan dikalangan sesama cosplayer.

Secara umum cosplay dinilai sama. Tetapi tak langsung dalam beberapa event yang terjadi di Indonesia sering dilakukan pembagian/kategori cosplay 

  • Cosplay anime/manga. Cosplay yang berasal dari anime maupun manga. Biasanya manhwa termasuk didalamnya termasuk comic dari amerika.
  • Cosplay Game. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di Game.
  • Cosplay Tokusatsu. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di film tokusatsu.
  • Cosplay Gothic. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter bernuansa gelap atau Gothic. Biasanya digabung dengan Lolita.
  • Cosplay Original. Cosplay yang benar-benar original tidak ada di animetokusatsu dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game Kingdom heart misalnya: Sora (Kingdom Heart) tetapi berbentuk metalic (modern)

Namun ditemui di lapangan, tidak sedikit cosplayer yang “ngabal” ( asal ) mengatakan dirinya sedang ber-cosplay original. Memang benar cosplay original merupakan hasil buah pikiran yang direalisasikan untuk dijadikan kostum, namun tidak sama hal nya jika kita memakai aksessoris seadanya, weapon seadanya dan make-up yang asal kemudian kita menyebut diri kita cosplayer Original.

Menurut admin sendiri, dalam menciptakan suatu karakter original, kita tidak bisa benar-benar mendapatkan 100% originalitas kostum yang kita buat, ada saja sesuatu yang menginspirasi kita pada saat pembuatannya. Faktor-faktor lain juga dapat menjadi faktor pendukung agar Ori Chara yang kita buat itu dapat di pertanggung jawabkan, antara lain :

1. Konsep yang jelas

Konsep adalah pembawa arti. Konsep disini berguna untuk karakter kalian agar tidak keluar dari jalurnya, agar karakter kalian bisa menyampaikan maksud dan tujuan dari pembentukkan desain krakter kalian. Sehingga para penonton dapat mengerti maksud dari desain karakter yang kalian buat.

2. Totalitas 

Totalitas yang dimaksud disini ialah totalitas dalam pembuatan kostum serta cara ber-make-up. Memang benar untuk karakter original sendiri cukup susah untuk menentukan cara ber make-up dan membuat kostumnya, itu dikarenakan cosplay original tidak memiliki pedoman yang jelas untuk menirukan bentuk kostum atau tata rias karakternya, jadi pada tahap ini cosplayer di uji coba skillnya untuk mencari cara agar make-up dan kostumnya nampak pas dan serasi.

3. Inspirasi

Inspirasi merupakan hal yang dapat membantu kita disaat ide dalam menciptakan karakter original mulai buntu. Gak ada salahnya kita terinspirasi dari tokoh-tokoh superhero yang ada, dan jangan malu-malu mengatakan desain kita ini terinspirasi dari sesuatu. Untuk desain Ori Chara, originalitas mungkin terdapat 80% dan 20% nya merupakan inspirasi dari sesuatu, hanya saja pintar-pintarnya orang dalam mengembangkan inspirasi itu untuk menjadi sesuatu yang baru.

4. Ciri Khas

Setiap tokoh pahlawan pasti memiliki ciri khas, contoh saja kamen rider dengan Henshin Belt nya, Goku dengan kamekameha , super sentai dngan jumlah personilnya 5 orang, dll. Diharapkan Original Karakter yang akan dibuat sudah dipikirkan terlebih dahulu apa yang menjadi ciri khas nya, mungkin saja terlihat dari desain kostum, action ( jurusnya ), dll.

5. Crossculture

Pergabungan unsur dua budaya akan menambah daya tarik seseorang untuk melihat desain kostum original kalian, ini juga bisa dijadikan untuk menjadi media perkenalan budaya yang cukup efektif, mengingat adanya berbagai kebudayaan di Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi untuk pembuatan Ori Chara. Dan kalian juga bisa menggabungkan kebudayaan jepang dengan indonesia.

Contoh Cosplay Original di Indonesia yang admin dapatkan , ini hanya baru beberapa saja, masih banyak Ori Chara di Indonesia yang bagus.

Lumayan susah juga ya dalam membentuk karakter original,..

ori chara

Sebenarnya jika dilihat lebih dalam, cosplayer original bisa tampil lebih kreatif dari karakter yang sudah ada, karena karakter original memaksa pembuatnya untuk berfikir lebih kreatif guna menampilkan karakter yang baru dan hanya satu-satunya didunia. Hanya saja masih banyak cosplayer yang berdalih jika kostum yang dipakainya itu merupakan cosplay original, padahal dia tidak memikirkan poin-poin diatas tadi. Sungguh disayangkan jika masih ada cosplayer seperti itu. Banyak cosplayer yang sukses pasti daya kreatifitasnya tinggi dan rasa pantang menyerahnya yang cukup kuat sehingga dia berhasil dalam membawakan suatu karakter.

Jadi apa yang salah dengan Cosplay Original? yap, yang salah mungkin masih ada beberapa cosplayer yang salah mengartikan tentang Ori Chara ini, jadi sebelum mengaku sebagai Ori Chara, setidaknya kalian bisa memberikan alasan yang jelas.

sumber : Admin Surya

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya