Apa Yang Bisa Dilakukan OTAKU Muslim Pada Saat Bulan Ramadhan?

Konichiwa, hai-hai minna salam kenal pengunjung J-cul Indonesia.Gimana puasanya, udah ada yang bolong gak? Semoga puasanya lancar ya. Baiklah langsung saja kita ketopik artikel ini. Apa yang bisa dilakukan Otaku Muslim dibulan Ramadhan? Mungkin pertanyaan ini selalu terlintas dipikiran saya ataupun anda. Apa sih yang dilakukan otaku dibulan Ramadhan. Mungkin sebagian besar dari mereka yang otaku akan mengupdate anime yang mereka sukai kemudian menontonnya atau mencari artikel mengenai kabar terbaru mengenai japan cultur terbaru.

 

Kalian pasti bosan melakukan itu terus menerus. Dalam pikiran kalian, kalian akan bertanya pada diri sendiri ‘ah apa sih yang bisa saya lakukan dibulan ramadhan selain menonton,download dan update?’ ‘kalau lebaran nanti mau beli apa ya, uang pun tak punya. Bagaimana caranya mendapat uang dan pahala dibulan puasa ini’. Sebenarnya banyak aktifitas atau kegiatan yang bisa kalian lakukan dibulan ramadhan sebagai otaku muslim. Kalian dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat selain mendapatkan pahala juga uang.

Saya akan memberikan beberapa kegiatan/pekerjaan yang bisa dilakuakan otaku muslim dibulan Ramadhan :

 

1.Pengurus Mesjid

Mungkin kalian bertanya-tanya,’ah masa sih otaku mau jadi pengurus mesjid, tidak mungkin’. Apa salahnya otaku mau jadi pengrus mesjid. Pengurus mesjid yang satu ini bukan kalian disuruh khotbah,bukan bukan tapi kalian harus bekerja dimesjid selama bulan ramadhan seperti menyediakan peralatan berbuka bersama dimesjid, membersihkan karpet mesjid, menyapu lantai dan halaman, membersihkan toilet, membersihkan tempat wudhu dan masih banyak lagi.

539620_562895950390038_413313226_n

Jika kalian melakukan kegitan itu bersama teman tapi lebih asyik nambah pengalaman juga, jadi ajaklah teman kalian. Selain itu kalian dapat sholat 5 waktu dimesjid itu kalian juga akan mendapatkan pahala karena telah menjaga rumah Allah. Kalian akan diberikan balasan dari allah berupa rezeki menjelang akhir ramadhan.

2. Translator/Penerjemah

Sekarang anime, film dan dorama makin banyak. Jadi kalian masih punya peluang untuk menjadi penerjemah anime,film dan dorama. Tetapi kalian sering melupakan anime jadul atau jaman dulu, banyakanime lovers yang menyukai anime jadul karena mereka reuni atau mengingat serta rindu dengan cerita dan tkoh anime jadul. Anime jadul memiliki nilai yang tinggi dalam ketertarikan maupun penjualannya daripada anime mainsteam/umum.

36410788_m

Banyak-banyaklah belajar dan bertanya kepada teman bagaiamna cara membuat subtitle atau menjadi penerjemah. Kalian harus bergabung dengan fansub. Kalian pasti mengerti sedikit tentang bahasa jepang dari menonton anime dan dorama jadi jangan takut untuk menjandi translator.

3. Penulis Online

43548345_m

Untuk menjadi penulis disuatu web,kalian tak perlu keahlian menulis tapi kalian mempunyai bahasa yang baik serta imajinasi. Dengan bahasa yang menarik, tulisan kalian dapat menarik perhatian pembaca. Yang satu lagi adalah imajinasi, dengan imajinasi kalian tak bisa membayangkan apa yang kalian tulis jadi diperlukan imajinasi. Menulis artikel harus sesuai hal yang kalian sukai, misalnya kalian suka anime jadi kalian akan penuh semangat untuk menulis semua tentang anime ditulisan kalian. Jadi kalian akan terbiasa, tidak bosan atau jenuh saat menulis. Mulailah bergabung dengan web yang membutuhkan penulis, usahakan kalian memilih web sesuai dengan hobi kalian biar lebih gampang menulis dan beradaptasi dengan orang orang diweb itu. Kalian dapat direkrut dan dapat gaji pertama deh.

4. Blogger/Admin Website

42083896_m

Banyak yang bisa dilakukan dalam sebuah web. Tergantung jenis web yang sesaui dengan hobi kalian. Dengan membuat web yang sesuai dengan hobi kalian misanya anime dan dorama jadi kalian dapat membuat sebuah web yang memposting tentang anime dan dorama setiap minggu. Biar banyak pengunjung usahakan bentuklah sebuah forum perkumpulan agar pengunjung dapat memberikan saran maupun kritik terhadap web kalian. Kalian harus tukar link atau kerjasama dengan web lain agar web kalian terkenal dan mempromosikan dimedia social. Dengan begitu web kalian akan banyak pengunjung yang ingin memasang iklan deh. Lumayan kan.

5. Bisnis Online

41713659_m

Sebagian orang beraggapan bisnis online lebih sulit daripada bisnis didunia nyata,ya iyalah bisnis online lebih sulit butuh kerja keras dan tak pantang menyerah. Memulailah bisnis online sesuai dengan hobi kalian, misalnya kalian menyukai semua tentang jepang, kalian bisa berjualan baju sablon anime atau jualan pernak-pernik cosplay. Kalian harus mempunyai kreatifitas dalam berbisnis online, kalian harus mempromosikan agar bisnis kalian dikenal. Usahakan mempromosikan melalui Koran lokal, radio, media social, dan lain. Jangan menyerah karena dalam bisnis online diperlukan orang yang keras kepala yang tak mau menyerah. Jadi Ganbatte yah.

6. Penyedia Jasa Sewa/Jual-Beli

44548810_m

Kalian pernah gak ingin membaca komik dan uang kalian tak cukup membeli komik itu semua. Nah, kalian kana berpikir lagi seandai saya bisa menyewa semua komik itu dalam 3 hari. Kenapa kalian tidak membuka usaha dengan menyediakan jasa sewa komik dan anime serta film. Pasti kalian mempunyai komik atau file anime atau film yang bertumpuk-tumpuk yang selesai kalian baca atau nonton. Mungkin kalian berpikir ingin menghapus file itu, kenapa kalian tak berpikir kreatif untuk menghasilkan uang menyediakan jasa sewa dan jual beli komik dan file. Kalian juga dapat menyediakan jasa download dengan memberikan tarif berapa rupiah/megabyte setiap file yang ingin didownload. Kalian dapat mempromosikan dimedia lokal atau ke teman tapi hanya khusus daerah kalian yang mudah dijangkau.

7. Design/Ilustrator

Kalian menyukai dunia anime dan design serta illustrator. Dengan banyak software atau apilkasi design gambar ataupun Ilustratsi yang tersedia untuk computer, laptop dan  smartphone yang dapat didownload gratis diinternet. Kenapa kalian tidak mencoba mendesign sebuah banner atau gambar ilustrasi. Dengan kemampuan kalian berimajinasi dan kreatifitas,kalian dapat membuat sebuah gambar atau ilustarasi. Gambar kalian bisa dibuat poster,banner, atau sampul web yang bisa dijual. Kalian harus mempromosikan gambar atau ilustrasi itu ke teman atau ke media sosial

8. Guru Les/Guru Private

51556656

Guru Les? Ah masa sih otaku atau orang orang menyukai jejepangan jadi guru les sih?. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa otaku menjadi guru les. Balik lagi ke diri kalian, jika kalian memiliki kemauan dan usaha keras pasti itu akan terjadi. Menjadi guru les atau guru private bukan harus memiliki pendidikan yang tinggi. Jika kalian memiliki ilmu dan pengalaman pasti semua itu bisa. Terus guru les atau guru private  yang ngajar apa?. Kalian menjadi guru les yang sesaui dengan hobi atau kebiasaan kalian kalian. Jika kalian menyukai menonton anime ataupun dorama, kalian bisa menjadi guru les bahasa jepang atau kalian menyukai origami dan papercraft anime, kalian menjadi guru les seni origami. Mulailah mempromosikan diri kalian ketetangga atau keteman. Berusahalah menjadi guru yang baik.

9. Mencover Lagu

15e3ca10c4ed961357aab770e4882f57

Siapa bilang menjadi otaku atau menyukai jejepangan hanya bisa berdiam diri saja, mereka dapat berpikir kreatif dan bergerak seperti mesin. Kalian pasti mengenal goose house, choco miruku dan roockie boom. Mereka terkenal dengan lagu cover mereka. Kalian pasti menyukai lagu opening ataupun closing serta soundtrack theme suatu anime atau dorama. Kenapa kalian tidak mengcover lagu tersebut terus masukin ke youtube atau promosiin keteman atau juga berpatisiapasilah dalam event jepang. Jika kalian tak pandai menyanyi, coba memainkan alat music dan ajaklah teman untuk membentuk grup mengcover sebuah lagu.

10. Mangaka/Komikus

bakuman

Pernahkah kalian berpikir untuk membuat manga/alur cerita yang berbeda dengan yang cerita asli tetapi menggunakan semua tokoh didalam cerita itu. atau membuat sebuah manga dan dipublikasikan. Pasti kalian memiliki imajinasi dan kreatifitas untuk membuat sebuah cerita fantasi.  Cobalah membuat sebuah manga dalam 10 lembar dan publikasikan kemedia social. Jika kalian tak  ide dalam membuat cerita, ajaklah teman yang sesame hobi untuk membuat manga. Setalah kalian membuat manga 10 lembar cobalah untuk mempublikasikannya melalui penerbit buku. Carilah penerbit yang sesuai dengan cerita kalian. Jangan mencari penerbit yang mainstram atau bertentangan dengan cerita kalian. Sesauikan dengan dengan selera penerbit

11. Berkumpul dengan Komunitas

shot0143

Apakah kalian mempunyai komunitas yang sama dengan hobi kalian?, pasti adakan jika belum ada cobalah mencari dimedia social banyak kok. Mungkin kalian berpikir apakah cuma berkumpul-kumpul apakah akan mendapatkan uang. Pasti dapat cobalah mempromosikan bisnis kalian yang telah kalian baca diatas ke mereka. Pasti ada yang tertarik kok. Dengan berkumpul dengan komunitas sesame hobi akan mendapat pahala dengan berbuka puasa bersama kemudian sholat magrib. Atau kalian mengumpul pakaian bekas atau makanan pokok yang dibagikan kefakir miskin ataupun panti asuhan.

 

Teriama kasih telah membaca postingan ini semoga amal ibadah puasa kita semua diterima ya. Oh ya ada yang kalian mau tanya silahkan keakun twitter saya. Baca terus setiap postingan, pastinya ada postingan-postingan yang menarik setiap minggunya. Jadi tetaplah semangat ya minna.

Author :

Capture

@alanahmad48

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya