Alasan Mengapa Orang Asing Susah Mendapat Apartement Di Jepang

Ada 4 hambatan untuk mendapatkan sebuah apartemen di Jepang:

1. Penjamin

Siapapun yang menyewa sebuah apartemen di Jepang membutuhkan penjamin. Seorang penjamin harus setuju untuk menutupi utang yang terjadi pada apartemen. Ini termasuk sewa yang belum dibayar, kerusakan pada apartemen atau kewajiban pihak ketiga (misalnya Anda membanjiri lantai bawah apartemen dan tidak memiliki asuransi). Asuransi biasanya wajib sehingga kewajiban pihak ketiga jarang dipermasalahkan.

Biasanya penduduk Jepang meminta kerabat mereka atau perusahaan untuk menjadi penjamin mereka. Beda dengan pendatang baru yang mungkin kurang relasi untuk menemukan penjamin. Kebanyakan orang asing meminta perusahaan mereka untuk menjadi penjamin mereka. Pengusaha biasanya setuju untuk pengaturan ini. Dilain sisi ada banyak apartemen yang tidak memerlukan penjamin. Ini biasanya apartemen bulanan (jangka pendek) yang jauh lebih mahal daripada apartemen biasa.

2. Bahasa

Langkah pertama untuk menemukan apartemen adalah menanyakan kepada agent-agent apartement di Jepang. Agent akan menangani semuanya. Namun, agent sangat sedikit menerima klien yang tidak bisa berbahasa Jepang.

Menemukan apartemen adalah sebuah proses kompleks yang membutuhkan banyak komunikasi. Jika Anda tidak bisa berbicara bahasa Jepang maka solusinya Anda dapat membawa seorang teman Jepang yang Anda percaya untuk mewakili Anda.

Ketika Anda mengajukan permohonan untuk apartemen, pertanyaan pertama pemilik tanah adalah apakah Anda bisa berbicara bahasa Jepang?. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan agent Anda mereka mungkin melebih-lebihkan keahlian Anda.

3. Biaya

Apartemen bulanan jauh lebih mahal daripada apartemen  dalam jangka panjang. Namun, mereka memerlukan pembayaran dimuka yang besar. Struktur Biaya klasik adalah sebagai berikut:

1 bulan untuk sewa bulan pertama
+
2 bulan fee (reiki, 礼金)
+
2 bulan deposito
+
1 bulan biaya untuk agen Anda

Hal ini untuk masa sewa 6 bulan (2 bulan deposito dikembalikan jika tidak ada kerusakan).

Katakanlah Anda mendapatkan sebuah apartemen di Tokyo untuk 100.000 yen ($ 1250 US) dalam 1bulan namun harus membayar ¥ 600.000 ($ 7.500 US) didepan.

apartment-life-1142

apartment-styles-1142

Jika Anda menginginkan,apartement mewah besar dengan satu kamar tidur di lingkungan atas, maka sewa Anda akan menjadi lebih mahal, yaitu  ¥ 700.000 ($ 8.750 US) dengan ¥ 4.200.000 ($ 52,500 AS) di depan.

roppongi-expensive-residential-areas-1142

studio-in-tokyo-1142

tokyo-apartments-1142

Biasanya semua kontrak apartemen di Jepang minimal selama 2 tahun. Setelah dua tahun kontrak, maka akan diperlukan reikin tambahan (uang fee) dari 1 atau 2 bulan menyewa jika Anda ingin memperbaharui. Dalam beberapa kasus, Anda dapat menegosiasikan sewa bulanan yang lebih rendah setelah dua tahun. Apartemen di Jepang menjadi lebih murah karena masa lama sewa.

Dalam beberapa tahun terakhir, biaya DP apartemen telah menurun di Jepang. Cara terbaik untuk membandingkan harga apartemen adalah dengan melihat total biaya untuk kontrak 2 tahun.

4. Diskriminasi

Diskriminasi sosial sudah menjadi rahasia umun antara pemilik apartement dan agent apartement. Jika Anda adalah wisatawan asing, maka mereka akan meninta bayaran yang lebih.

Ketika wisatawan asing menyewa sebuah apartement, maka setidaknya dia harus bisa berbahasa Jepang. Dan hala pertama yang ditanyakan oleh pemilik apartement adalah apakah Anda bisa berbahasa Jepang dan berapa lama Anda akan tinggal. Jika Anda mampu berbicara Jepang dan tinggal dalam jangka waktu yang lama, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan apartement.

Penolakan terhadapap penyewa asing biasanya didasari dengan alasan:

– Bahasa, penduduk Jepang tidak terlalu nyaman dengan bahasa inggris

– Tanggung Jawab, penduduk Jepang takut Anda akan kabur ke negara asal Anda dan tidak menyelesaikan pembayaran

-Adatistiadat, penduduk Jepang takut jika Anda tidak mematuhi sopan satun adat mereka. Misalnya, di dalam rumah/apartement tidak boleh menggunakan sepatu.

 

Sumber: www.japan-talk.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya