Akuarium Terbesar ke-2 di Dunia Ada di Jepang

Churaumi sendiri adalah bahasa daerah Okinawa, Chura(美ら artinya indah, dan umi(海artinya laut yang indah. Akuarium Churaumi ini adalah akuarium terbesar ke-dua di dunia setelah akuarium Georgia di Atlanta.

800px-Churaumi Akuarium ini memamerkan beragam biota laut dimulai dari terumbu karang hingga makhluk laut yang berukuran besar. Kekayaan spesies laut di Okinawa disebabkan arus air hangat Kuroshio yang mengalir di sepanjang Okinawa. Akuarium Churaumi ini terdiri dari 77 tangki, dan yang terbesar berukuran 7.500m kubik, atau 3 kali lipat dari ukuran kolam renang olimpiade.

abk01-1

Bangunan akuarium awalnya dirancang hanya untuk pekan raya Expo waktu itu saja dan tidak dirancang untuk tahan lama. Lantas, bangunan menjadi cepat tua dan rusak, sehingga dikhawatirkan akan berbahaya bila terus dipakai. Akuarium ini pun pada waktu itu sudah kehilangan daya tarik karena dibukanya akuarium yang lebih besar di Tokyo(Tokyo Sea Life Park), Osaka (Osaka Kaiyukan), dan Nagoya (Akuarium pelabuhan Nagoya.).

abo01-1

Oleh karena itu, gagasan untuk membangun gedung baru dibuat pada tahun 1989. Desain awal diselesaikan tahun 1994, dilanjutkan dengan desain yang terinci yang selesai pada tahun 1995. Pembangunan lahan dilakukan pada tahun 1996, diikuti dengan pembangunan fisik gedung. Gedung akuarium lama akhirnya ditutup pada tanggal 31 Agustus 2002. Setelah selesai, gedung akuarium baru dibuka dengan nama Akuarium Churaumi Okinawa pada tanggal 11 November 2002, bertepatan dengan 30 tahun pengembalian Okinawa. Di bawah ini ada beberapa galeri foto akuarium ini,

agi01-3

ao01-1

okinawa_churaumi_aquarium_04

okinawa_churaumi_aquarium_23

okinawa_churaumi_aquarium_35

Sumber: halojepang

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    pengen kesana….,
    hehehehehe,,,,

    Reply
  2. Irfan
    5 tahun yang lalu

    wow

    Reply
  3. Irfan
    5 tahun yang lalu

    bener2 luas lho….
    bila aku disana pasti sangat bahagia hahaha

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya