Abe Pyon, Aplikasi Game Untuk Menarik Anak Muda Jepang Ikut Pemilu

Sebuah cara baru diperkenalkan oleh Perdana Menteri Jepang untuk menjaring para pemilih muda agar mereka turut berpartisipasi dalam pemilihan umum, yakni melalui aplikasi game di perangkat mobile. Sosok Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam versi kartun terlihat aktif melompat dalam aplikasi game perangkat mobile. Tampilan ini diharapkan oleh partainya dapat menarik para pemilih muda dalam pemilihan umum mendatang.

ht_abe_pyon_mi_130704_16x9_608Aplikasi yang dibuat atas izin Partai Demokratis Liberal (LDP) yang berafiliasi dengan Abe ini, memang bertujuan untuk menarik para pemilih muda yang gila akan teknologi namun cenderung apatis terhadap dunia politik dan kesal dengan kampanye tradisional yang menampilkan politisi yang meneriakkan nama dan slogan mereka lewat pengeras suara. “Ada kekhawatiran bahwa beberapa anak muda merasa LDP berjarak, kurang memiliki kedekatan dan mereka tidak tahu apa-apa tentang kami,” ujar Takuya Hirai, kepala tim strategi internet LDP kepada Reuters.

20130628.152510_abe

Hirai menambahkan bahwa ia pun berharap permainan ini akan membuat orang-orang tertarik pada politik dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Ternyata harapan LDP untuk menjaring para pemilih muda sudah mendapat tanggapan positif. Beberapa calon pemilih mengatakan mereka menjadi lebih suka pada Abe setelah mencoba aplikasi bernama ‘Abe Pyon’ itu. “Permainan ini benar-benar membuat kita berpikir mengenai politik. Membuat saya merasa harus memilih dia,” ujar Emi Yamada, seorang mahasiswi berusia 22 tahun asal Tokyo. Abe sendiri memang berencana untuk kembali maju dalam pemilihan umum yang akan digelar pada 21 Juli 2013.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya