9 Jenis Festival Laut saat Musim Panas di Jepang

Berikut ini adalah 9 festival yang diadakan di pantai saat musim panas di Jepang:

1. Enoshima Tennou Festival – Fujiasawa City, Kanagawa Prefecture — July

 

festival laut_1

Sebuah festival dari dua kuil yaitu Kuil Yasaka yang terletak di dasar Kuil Enoshima dan kuil Koyurugi. Kedua kuil ini berlokasi di Kamakura. Festival Ennoshima sangat menaik perhatian pengunjung, mereka menggunakan fundoshi dan sepatu tradisional dan para laki-lakinya membawa mikoshi ke laut. Festifal ini merupakan simbol di kehidupan. 

festival laut_2

 

2. Shiogama Minato Festival – Shiogama City, Miyagi Prefecture — July

Festival ini belom berlangsung lama, Shiogama Minato Festival pertama kali ada pada tahun 1984 sebagai wujud rasa syukur penduduk Shiogama yang telah lewat dari masa perekonomian yang sulit. Festival ini menggunakan dua kapal besar, masing-masing membawa satu mikoshi yang didampingi 100 kapal hias yang rumit.

 

festival laut_3
Setelah dilakukan upacara di tengah lautan, mereka akan bersuka ria membuka mikoshi yang diiringi dengan suara drum menuju ke jalanan kota. Setelah berkeliling kota, mereka akan membawa mikoshi kembali ke kuil.

festival laut_4

festival laut_5

 

Lihatlah videonya di bawah ini:

 

3. Hamaori Festival – Chigasaki City, Kanagawa Prefecture — July

Festival ini dimulai pukul 5 pagi, ketika oranng-orang masih tertidur dengan keringat musim panas. Festival Hamaori mengangkut setidaknya 40 mikoshi dari kuil ke daerah pantai. Sambil berteriak “Dokkoi! Dokkoi!” mereka menari menuju air laut.

festival laut_6

 

Lihatlah cideonya dibawah ini:


Festival ini dimulai pada tahun 1938. Pada saat itu, perkelahian atar umat dari kuil yang berbeda menyebabkan beberapa benda-benda suci di kuil menghilang. Beberapa nelayan kemudian menemukannya dan mengembalikan ke dalam kuil, lalu membuat sebuah festival sebagai rasa syukur.

 

4. Sonomairi Festival – Tsuruga City, Fukui Prefecture — July

Festival ini diadakan setahun sekali dimana Keihi Shrine yang merupakan simbol dewa laki-laki dan dewi Jouguu Shrine yang merupakan simbol perempuan, bersatu ketika mikoshi dari dewa laki-laki dibawa dengan perahu ke kuil Jouguu. Meskipun tidak berbeda dengan Tanabata, festival ini lebih romantis dan hanya dihadiri oleh pria dan wanita yang mencari cinta. Menariknya, festival ini juga didatangi banyak nelayan, karena diyakini membawa keberuntungan nelayan selama tiga tahun.

festival laut_7

5. Kangen Festival – Hatsukaichi City, Hiroshima Prefecture — July

Dipelopori oleh Kiyomori Taira dari Bangsawan Heian, festival ini berlangsung di malam hari di sebuah danau. Berlokasi di World Heritige, Itukushima Shrine, Prefektur Hiroshima. Mereka bersuka ria sambil mendayung perahu dan beberapa orang akan memainkan musik.

festival laut_8

Meskipun festival ini berlangsung sepanjang hari, puncaknya adalah ketika senja dimana api besar dinyalakan pada bagian depan kapal dengan lentera menggantung di sisi kapal yang menciptakan suasana mistis.

festival laut_9

 

Videonya seperti berikut ini:

 

6. Kibune Festival – Manaduru City, Kanagawa Prefecture

Salah satu dari tiga festival perahu yang terbesar di Jepang. Festival Kibune merupakan aset budaya yang ditunjuk Jepang. Acara ini sebenarnya telah dirayakan selama lebih dari 350 tahun di Kanagawa. Festival ini bermakna untuk stabilitas dan keamanan serta untuk nelayan agar memperoleh pancingan yang berlimpah.

 

festival laut_10

Semuanya dihiasi dengan meriah dan diarak keliling kota.

festival laut_11

Lihat video berikut ini:

 

7. Kibune Shrine Summer Festival — Shunan City, Yamaguchi Prefecture — July

Festival lainnya yang memiki sejarah panjang adalah Festival Kibune yang dimulai sekitar 300tahun yang lalu. Sama seperti festival lainnya, festival ini bertujuan untuk mendapatkan hasil tumpukan ikan yang berlimpah dari para dewa.

festival laut_12

 

Seorang pri yang telah disucikan terlebih dahulu, membawa mikoshi sekitar 500 meter (546 meter) dari kuil ke laut di mana mereka menyiramkan air ke kuil. Sementara itu, pengikut festival lainnya akan berteriak-teriak sambil berenang mengambang menggunakan pelampung.

festival laut_13

 

Simak videonya berikut ini:

 

8. Nafune Grand Festival – Nafunemachi, Wajima City, Ishikawa Prefecture — July/August

Festival ini tergolong unik dan intinya adalah menampilkan permainan kesenian drum dan terlihat sangat kuno dari segi konsepsi.

 

festival laut_14

Beberapa drumer akan berkumpul di sekitar sebuah gendang taiko yang besar sambil menari liar, memukul-mukul drum dan mendengus seperti setan. Riasan wajah yang berkerut dan pakaian tradisionalnya sangat menghibur.

festival_laut

 

Lihat videonya:

 

9. Shiroshi Dance – Kasaoka City, Okayama Prefecture — August

Diadakan di Pulau Shiroshi, sekitar 12 kilometer (sekitar 7.46 mil) di lepas pantai Kasaoka Kota di Prefektur Okayama, festival tarian ini dimulai untuk mendoakan roh orang yang telah meninggal dalam Perang Genpei sekitar 800 tahun yang lalu.

festival laut_16

Menggunakan pakaian tradisioanal, 13 tarian akan diiringi dengan lagu dan musik drum serta seruling. Kelompok akan dibagi-bagi antara pria, wanita dan anak-anak.

festival laut_15

 

Itulah kesembilan festival yang memeriahkan musim panas di Jepang.

 

Sumber: en.rocketnews24.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya