8 Alasan Kenapa Negara Jepang Sangat Bersih

Jepang menjadi salah satu negara terbersih di dunia. Bagaimana bisa yhaa? Mari kita bahas satu persatu alasan dibalik kebersihan negara Jepang.

  1. Tidak ada tempat sampah di public area,?? Simpan dan bawa ke tempat sampah terdekat!

Ini adalah gambar dua orang yang membawa sampahnya pulang setelah mereka mengadakan pesta Barbeque di sebuah pantai. Apa yang kita dapat pelajari dari gambar ini? Adalah sebuah tanggung jawab terhadap sampah yang kita buat sendiri. Di Jepang, anak-anak di didik dari kecil untuk bertanggung jawab akan sampahnya. Membuang sampah di tempat sampah adalah bagus. Tetapi membawa sampah saat tidak ada tempat sampah akan jauh lebih bagus. Kalian harusnya malu membiarkan sampah kalian mengacaukan lingkungan sekitar.

clean-2

2. Kantong plastik kecil 

Plastik kantong kecil selalu disedikan disetiap kursi pada bus untuk rute-rute jauh di Jepang.

Siapa yang mau menyimpan botol minuman yogurt atau minuman lainnya di dalam tas??? Tentu saja tidak seorang pun mau melakukannya. Dan inilah gunanya kantong plastik tersedia di dalam kereta, agar kalian tidak meninggalkan bekas minuman kalian di pojokan kursi kereta, jadi gunakanlah plastik yang tersedia dan menyimpannya sampai kalian menemukan tempat sampah. Hal  ini sangat bagus jika bisa diterapkan di Indonesia, menyediakan kantong plastik di transportasi umum.

clean-3

 

3. Lingkungan sekitar tanggung jawab pemilik rumah/gedung

Lihatlah gambar dibawah ini. Seorang perawat membersihkan area depan rumah sakit. Jadi setiap gedung/rumah menjadi tanggung jawab masing-masing penghuni. Setiap pagi kalian akan menemukan orang-orang di Jepang membersihkan lingkungan mereka, bahkan orang-orang berdasi di perkantoran sekalipun. Berbeda dengan di Indonesia terutama di kota-kota besar, area seperti ini adalah tanggung jawab petugas kebersihan kota.

clean-4

clean-5

4. Membedakan Jenis Sampah

Berhadapan dengan sampah rumah tangga, tentu saja akan terdapat banyak sampah di dalam 1 harinya (apalagi seminggu yha?). Di Jepang, setiap rumah tangga diharuskan untuk membedakan jenis sampah mereka, mana sampah yang bisa di daur ulang dan yang tidak bisa. Jangan pernag menyatukan sampah botol minuman dengan tumpukan buku/majalah. Bahkan sampah kertas pun harus dibedakan, mana majalah, koran, buku, dllnya seperti pada gambar dibawah ini.

clean-6

5. Lembaga Kebersihan Membantu Kesadaran Masyarakat Akan Sampah

Gambar dibawah ini adalah sukarelawan kebersihan dari Greenbird Okayama, mereka dengan sukarela membersihkan kota. Seragam dan yang terpenting adalah sarung tangan.

clean-7

Greenbird, adalah sebuah organisasi yang menyebar di seluruh prefektur di seluruh Jepang, bertugas untuk mengajak warga menjaga kebersihan di public area seperti di stasion kereta api. Petugas ini juga membersihkan sampah di area-area yang tersembunyi dari pandangan mata, seperti misalnya puntung rokok di semak-semak, kertas-kertas kecil yang berserakan, dll dimana orang-orang dengan sengaja menyembunyikan agar tidak terlihat.

6. Kebersihan dan Kerapian Area Transprotasi Umum adalah Keharusan

clean-8

Bersih Mengkilap Stasiun Kereta Api Kyoto

 

Shinkansen yang selalu berkilau

Shinkansen yang selalu berkilau

Petugas Kebersihan Stasiun Membersihkan Tangga

Petugas Kebersihan Stasiun Membersihkan Tangga

Dimana-mana bersih dan rapi…….adem mata melihat, kapan Indonesia seperti ini yhaaaa….

7. Kebersihan Jalan Raya

Truk pengangkut sampah sungguh sangat bersih di Jepang. Petugas kebersihan akan bergantian mencuci truck mereka setelah bertugas agar tidak mengotori jalanan. Tidak hanya truk, tetapi setiap alat transportasi di Jepang terlihat sangat bersih.

 

clean-11

 

8. Komunitas Kebersihan

Saat kalian hidup bermasyarakat di Jepang, kalian harus masuk ke komunitas kebersihan di lingkungan masyarakat. Mungkin jika di Indonesia seperti bergotong royong di lingkungan RW. Berkumpul sekali dalam seminggu untuk membersihkan lingkungan sekitar.

screen-shot-2016-09-16-at-1-22-05-pm

 

 

Nahh inilah rahasia-rahasia dibalik bersihnya negara Jepang. Sebenarnya intinya adalah kesadaran dari diri masing-masing dan disiplin akan sampah.

 

 

Sumber: en.rocketnews24.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya