one piece

7 Kelebihan dan Keunikan One Piece Dibandingakan Anime lain

1. World Building

East_Blue_Map


Salah satu keunikan One Piece adalah alam semestanya yang berdiri sendiri. Dari sini Eiichiro Oda bisa mengembangkan imajinasinya sesuka hati untuk membentuk sebuah dunia yang penuh fantasi. Mulai dari buah iblis, Grand Line, Sea King, Skypiea, pulau bawah air, laut tak berangin, haki, ras unik seperti raksasa, fishmen, & kurcaci, Knock Up Stream, hingga pelangi bundar, semuanya ada. Pembaca begitu dimanjakan oleh kemungkinan2 di dunia One Piece yang tanpa batas.

Selain terinspirasi dari legenda/mitos/cerita fiksi lain, Oda juga menggunakan landmark, literatur, fakta sejarah, dan berbagai informasi dari dunia nyata sebagai referensi. Salah satunya adalah kota air Water Seven yang terinspirasi dari kota air Venice di Italia. Yang paling hebat lagi, meskipun dunianya sangat luas Oda gak pernah sekalipun lost track atas semua yg udah dia ciptakan. Di sini semua hal saling terhubung satu sama lain, baik itu tokoh, pulau, negara, musim, maupun situasi politiknya. Dunia One Piece serasa bener2 berputar dan terus berubah seiring waktu, bahkan kita bisa merasakan adanya perubahan zaman seperti layaknya di dunia nyata.

2. Serious but Fun

Demotivational.Poster.full.1127389

Banyak cerita seringkali terlalu terjebak dalam suasana ‘tegang’ saat memasuki keadaan serius. Tidak demikian halnya dengan One Piece. Tidak peduli situasi lagi sedang apa pun, Oda selalu bisa menyelipkan sisi humor yg minimal bisa bikin pembaca senyum. Elemen humor yang merata ini membuat cerita One Piece relatif ringan untuk diikuti dalam segala situasi.

3. Artwork

The-strawhats-after-the-timeskip-one-piece-16880640-1741-1250

One Piece punya artwork yang agak berbeda daripada pakem manga pada umumnya. Ini dikarenakan Oda menggabungkan style asli manga dengan Disney. Namun kelebihan di sisi artwork yang dimaksud bukan di situ, melainkan tingkat kedetilan tinggi yang dihadirkan One Piece di setiap panelnya. Kualitas ini membuat semua imajinasi ‘liar’ yang dimasukkan pengarang ke dalam cerita terasa lebih hidup.

4.Penokohan

straw_hat_pirates___op_by_tomostry-d3cjbfh

One Piece memiliki penokohan yang kuat, terutama pada protagonis utama, yaitu The Straw Hat Pirates (SHP). SHP digambarkan sebagai orang-orang yang ceria, setia kawan, dan pantang menyerah. Walau badai menghadang, walaupun dirundung masa lalu yang kelam, Luffy dkk terus maju untuk melindungi satu sama lain, nggak peduli seberat apa pun konsekuensinya. Ciri khas SHP yg penuh nilai positif ini jadi salah satu elemen terkuat dari cerita One Piece. Namun cerita One Piece tidak melulu fokus pada SHP saja, tokoh2 lain bahkan figuran sekalipun bisa mendapat peran yang sama pentingnya dengan tokoh utama. Contohnya Mr.2 Bon Kurei yg awalnya hanya berperan sebagai villain sampingan, ternyata bakal jadi penyelamat Luffy kelak.

5. Narasi

original

Kelebihan One Piece yang lain adalah jalan ceritanya yg rapi dan terencana dengan baik. Sepertinya Oda telah memikirkan dengan matang bagaimana ceritanya bakal bermula dan berakhir sehingga ceritanya jarang menemui plothole. Alur cerita yg begitu penuh misteri dan sulit diprediksi juga menambah greget tersendiri.

6. Drama

 

Going_Merry_Funeral

Kalau denger kata “drama”, mungkin sebagian orang berpikir ini genre yg lebih cocok buat cewek (karena cewek lebih main perasaan ketimbang logika). One Piece adalah tempatnya cowok-cowok tulen mewek.

 

7. Pesan Moral

1367677413

Banyak pesan moral disampaikan melalui cerita One Piece, terutama tentang pentingnya menjaga kesetiakawanan dan semangat pantang menyerah dalam mengejar impian. 3 unsur yang terdapat dalam pesan moral One Piece adalah Inherited Will (hasrat yang diwariskan), A Man’s Dream (impian manusia), dan The Flow of Time (Aliran Waktu). Konsep dasar ini yang selalu menyertai cerita One Piece dari awal hingga sekarang . 3 unsur tersebut menekankan untuk tidak pernah menyerah mengejar mimpi.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya