7 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mandi di Onsen

Artikel selengkapnya tentang onsen bisa klik DI SINI.  Ada beberapa aturan etika yang perlu diingat ketika Anda pergi ke pemandian onsen. Hal ini dilakukan, agar Anda tidak merasa malu.

1. Lepaskan Alas Kaki

Onsen selalu menggunakan lantai tradisional Jepang (tatami) di ruang ganti. Memakai sepatu/alas kaki Anda di tatami adalah salah satu hal yang paling memalukan. Namun Anda jangan khawatir karena akan disediakan tempat buntuk menaruh dan menyimpan sepatu/alas kaki Anda di pintu masuk ke ruang ganti.

remove-your-shoes-at-onsen-386

 

 2. Jangan Salah Masuk Kamar Ganti

Masuk ke ruang ganti yang salah jelas sangat memalukan – dan fatalnya, Anda mungkin saja bisa ditangkap. Ruang ganti perempuan memiliki tirai merah. Dan sering ditulis dengan kanji untuk wanita 女 (onna) (tapi ini bervariasi). Kamar ganti pria memiliki tirai biru dan dengan tulisan kanji untuk pria 男 (otoko).

onsen-womens-entrance-386

 

3. Lepaskan Semua Pakaian

Hampir semua onsen menyarankan Anda untuk telanjang saja (ada perkecualian). Lepaskan pakaian Anda dan taruh dengan rapi di keranjang atau loker yang disediakan. Satu-satunya hal yang dapat Anda bawa ke onsen adalah handuk kecil.

onsen-baskets-386

 

4. Mandi terlebih dahulu

Sebelum Anda dapat masuk ke onsen, Anda harus membersihkan badan terlebih dahulu (mandi) di pemandiian yang sudah disediakan. Pastikan badan Anda bersih sebelum masuk ke onsen. Didalam onsen dilarang menggunakan sabun agar tidak mencemari onsen itu sendiri.

onsen-showers-386

 

5. Taruh Handuk Kecil di Kepala

Anda tidak diperbolehkan menaruh/meletakkan baju ganti di bangku dekat onsen. Banyak yang menaruhnya di samping onsen, namun dalam perkembangannya mereka menaruhnya di atas kepala.

japanese-onsen-manners-273

 

6. Baca Aturan Detailnya

Ada perbedaan kecil dalam aturan antara onsen yang satu dengan yang lainnya. Aturan ini ditempel di dinding namun dalam bahasa Jepang. Bagi Anda yang tidak bisa membaca tulisan Jepang, perhatikan apa yang orang lakukan dan menirunya.

7. Buat Mereka Terkesan

Pada tahun 1990-an seorang pelaut asing mabuk dan menyebabkan kericuhan di dalam onsen di Hokkaido. Dan pemilik onsen menanggapi dengan melarang semua orang asing masuk. Mereka dengan jelas menunjukkan rasisme, dan kebanyakan orang Jepang sangat setuju dengan hal ini.

Orang Jepang sangat bangga dengan onsen Jepang dan umumnya menyambut pengunjung asing. Aturan-aturan dan etika yang diikuti dengan baik akan membantu Anda untuk membuat penduduk setempat terkesan serta datang dan pergi dengan etika yang baik.

 

Sumber: japantalk

  1. Radira
    5 tahun yang lalu

    I wanna try …. it’s interesting!

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya