5 Masakan Jepang yang Mudah Dibuat di Rumah

Untuk kamu yang tidak jago memasak, ada beberapa masakan yang bisa dibuat di rumah, dengan proses yang cukup mudah. Ini dia:

Ayam atau beef teriyaki

teriyaki
Salah citarasa masakan Jepang terpopuler adalah saus teriyaki, bahkan bahannya sudah ada dalam bentuk jadi di supermarket. Menariknya, teriyaki merupakan teknik memasak, bukan nama saus. Sebab, “teri” berarti “berkilau”, yang merujuk pada rendaman kecap manis dan “yaki” adalah “memanggang”. Orang Jepang memasak semua jenis daging, seafood, dan sayuran dengan metode memasak pilihan. Karena rasanya yang manis dan gurih, teknik ini biasanya disukai anak-anak.

Resep Nasi Beef Teriyaki

Bahan

100 gram beras putih
50 gram beras ketan
100 gram daging has dalam
2 siung bawang putih
¼ buah paprika
½ buah bawang bombay
1 cm jahe
1½ sendok makan kecap kikkoman
½ sendok makan mirin
¼ liter air
¼ sendok teh gula pasir
½ sendok teh garam
½ sendok teh lada bubuk
2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Campur beras putih dan beras ketan. Cuci bersih. Beri air sampai ½ jari di atas permukaan beras.
Aron nasi ketan sambil sesekali diaduk. Masak sampai airnya habis.
Kukus nasi ketan sampai matang, angkat.
Bersihkan daging sapi, potong tipis memanjang.
Bersihkan bawang putih. Haluskan.
Bersihkan paprika dan bawang bombay. Iris memanjang.
Bersihkan jahe. Memarkan.
Rendam daging sapi dengan 1 sendok makan kecap kikkoman, mirin, bawang putih, jahe, gula pasir, ¼ sendok teh garam, dan ¼ sendok teh lada selama 15 menit.
Panaskan minyak goreng. Tumis bawang bombay dan paprika sampai harum.
Masukkan daging bersama bumbu perendamnya.
Masukkan air, ¼ sendok teh garam, ¼ sendok teh lada dan ½ sendok makan kecap kikkoman. Aduk rata. Angkat.

Porsi untuk 2-3 orang

Gyoza

gyoza
Berasal dari nama stiker panci di China, gyoza ini merupakan kulit yang tipis dan biasanya berbentuk lebih kecil. Kita bisa membeli paket gyoza beku di supermarket, tapi sebenarnya lebih menyenangkan untuk membuat sendiri dengan keluarga dan teman.
Proses penyimpanannya pun cukup mudah, yakni di lemari es, atau bisa diolah menjadi sayuran. Sementara itu, untuk camilan atau makanan pembuka, kita bisa menggunakan sisa kulit gyoza untuk membungkus keju.

Resep Gyoza

Bahan
20 lembar kulit gyoza/pangsit siap pakai
minyak goreng

Adonan Isi:
100 g daging sapi cincang
1 batang daun bawang, iris halus
1 siung bawang putih, parut
1/2 sdt minyak wijen
1 kuning telur ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat
Jika memakai kulit pangsit, gunting kulit pangsit hingga berbentuk bundar diameter 8-10 cm.
Aduk semua adoan isi hingga rata.
Isi tiap lembar kulit gyoza dengan 1 sdt adonan isi. Lipat jadi dua lalu lipat keliling sisi lipatannya hingga berbentuk setengah lingkaran.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan matang.
Angkat dan tiriskan.

Untuk 20 buah

Sushi roll

45ee008702ba9f2353a4702cabab291a
Jenis sushi, yaitu gulungan California, mungkin salah satu yang terkenal di antara gulungan sushi yang disajikan di restoran Jepang di seluruh dunia. Bahan-bahannya mudah ditemukan karena kita hanya perlu daging kepiting, mayones, rumput laut kering, dan nasi sushi. Ada juga sushi roll atau makimono, yang mudah dibuat menggunakan tangan. Menu ini cocok untuk makanan pembuka.

Resep Smoked Sushi Salmon Roll Asap

Bahan

2 cangkir beras sushi Jepang
6 sendok makan cuka beras anggur
6 lembar nori
1 buah alpukat, kupas, buang bijinya dan iris
1 buah mentimum, kupas dan iris
8 ons salmon asap, potong menjadi irisan panjang
2 sendok makan pasta wasabi

Cara membuat

Rendam beras selama 4 jam, tiriskan. Tanak beras di dalam rice cooker dengan menambahkan dua gelas air. Beras harus berada dalam kondisi sedikit kering ketika menambahkan cuka ke dalamnya.

Segera setelah nasi masak, campurkan enam sendok makan cuka beras ke dalam nasi yang mengepul panas. Setelah itu, ratakan nasi di atas pinggan hingga benar-benar dingin.

Taruh selembar nori di atas anyaman bambu, lalu tekan selapis tipis nasi dingin ke atas nori. Sisakan sekitar 1 cm tepi atas dan tepi bawah nori, biarkan tidak dilapisi agar mudah menyegelnya nanti. Totol-totolkan wasabi ke atas nasi, lalu susun mentimun, alpukat, dan salmon asap di atasnya. Atur posisinya agar berada sekitar 1 cm jauhnya dari tepi bawah nori.

Basahi sedikit tepi atas nori. Setelah itu, gulung tepi bawah nori ke atas hingga tergulung rapat. Potong gulungan menjadi delapan bagian lalu sajikan. Ulangi proses dari awal sampai semua sushi selesai dibuat

Donburi

donburi
Makanan ini bisa dibilang cukup ekonomis, memuaskan, serta cepat dan mudah dibuat. Ketika tidak memiliki banyak waktu untuk memersiapkan hidangan yang lengkap, donburi bisa jadi pilihan, termasukgyudon (sapi donburi), oyakodon (ayam dan telur donburi), katsudon (potongan daging dan telur donburi),unadon (belut panggangan), dan banyak lagi.

 Resep Nasi Tori Oyako-don

Bahan

90 g daging paha ayam tanpa tulang, potong-potong
50 g bawang bombay, iris kasar
50 g daun bawang, iris kasar
100 ml Tamago Toji Stock*)
1 butir telur ayam
250 g nasi putih
10 g bayam rebus
kizami nori
acar jahe (beni shoga)
Tamago Toji Stock*):
400 ml air
5 g kaldu dashi
100 ml koikuchi shoyu
100 ml mirin, jika suka

Cara membuat

Masak daging paha ayam bersama bawang bombay, daun bawang dan tamago toji stock hingga mendidih dan daging ayam matang.
Sementara itu taruh nasi putih dalam mangkuk saji.
Kocok telur hingga lepas.
Tuangkan ke dalam rebusan ayam dan didihkan hingga matang.
Angkat dan tuangkan ke atas nasi.
Sajikan dengan bayam dan nori.
Sajikan untuk 1 porsi

Sup miso

miso-soup2
Terakhir, ketika kita menghidangkan menu masakan Jepang, sertakan pula sup miso. Sup miso di berbagai negara disajikan dengan cara berbeda. Di Amerika, restoran Jepang menyajikan sup miso di awal makan sementara di Jepang biasanya disajikan dengan makanan. Sup miso di Jepang disajikan dengan lebih variatif bersama bahan makanan lain, seperti kerang serta seafood.

Resep Sup Miso

Bahan

3 sdm minyak goreng

1 liter kaldu dashi (fish-based stock)

150 gram miso

200 gr bayam

Cara membuat

Bungkus Tofu (tahu jepang) dengan kain bersih

Tekan airnya keluar lalu potong kecil – kecil

Panaskan minyak dalam wajan

Tumis Tofu tersebut dan tiriskan, rebus kaldu dan masukkan tofu

Cairkan miso dengan sedikit kaldu lalu masukkan ke kaldu

Tambahkan bayam yang telah dipotong dan masak hingga kaldu mendidih

 

 

  1. agoraclx
    4 tahun yang lalu

    cara buatnya gimana ???

    Reply
    • Ana
      4 tahun yang lalu

      Sudah disertakan 😀 Selamat mencoba ^^

      Reply
  2. Nyaa
    4 tahun yang lalu

    bikin ngiler, coba ah!! makasih resepnya^^

    Reply
  3. Resep Masakan
    4 tahun yang lalu

    Terima kasih, Aneka Resep Masakan di situs ini sangat berguna buat saya 🙂

    Reply
  4. Alvie
    2 tahun yang lalu

    kayaknya perlu dicobain nih, terutama sushi, supaya anak-anak pada pinter semua 😀

    Reply
  5. Anonymous
    2 tahun yang lalu

    Kantan ne

    Reply
  6. Anonymous
    2 tahun yang lalu

    Wow… Enak. Aku sampai ketagihan.

    Reply
  7. Benedic
    2 tahun yang lalu

    Min itu untuk pembuatan gyoza, itu untuk gyoza goreng ya?
    soalnya kalau yang pernah saya lihat, setelah digoreng dengan sedikit minyak, terus ditambahkan air. (setelah digoreng langsung direbus)

    Mohon Infonya ya 🙂 terima kasih

    Reply
  8. fatah
    2 tahun yang lalu

    resepnya boleh juga,ayaknya gampang buat`nya

    Reply
  9. saipulhakim
    2 tahun yang lalu

    resep nya menapjubkan , berkat ini saya mendapatkan wanita yang saya inginkan:) wkwk

    Reply
  10. laila nur azzahra
    2 tahun yang lalu

    sepertinya enak! aku coba dulu ya!.

    Reply
  11. laila nur azzahra
    2 tahun yang lalu

    enak banget
    perlu dicobq.

    Reply
  12. magda
    1 tahun yang lalu

    kereen q ingin coba.

    Reply
  13. Mawar
    1 tahun yang lalu

    Wah enak bnget kyak a,jd pgen nyoba drmh,bwt kejutan ntuk suami pas dia plg krj

    Reply
  14. Salsa bilah nur azizah
    1 tahun yang lalu

    aku sih udah nyoba tapi keasinan.tapi tidak ap-ap pacar aku tetap makan shusinya:-);-)

    Reply
  15. almeyda walidania
    11 bulan yang lalu

    ahh.. jadi mau cobaaa..

    Reply
  16. Lovelly Angelinasya
    10 bulan yang lalu

    Mau coba ah!

    Reply
  17. Kochira
    8 bulan yang lalu

    Nyoba yg Gyoza ach..

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya