5 Anime Dan Manga yang Diadaptasi Dari Film-Film Hollywood

1. Marvel

008Pada tahun 1970-1971 yang lalu di Jepang pernah terbit manga yang kisahnya diadaptasi dari tohoh hero Marvel, yaitu Hulk:The Manga dan Spider-Man:The manga. Namun, berbeda dengan cerita aslinya, tokoh utama dalam manga Spider-Man ini adalah seorang pelajar SMA yang bernama Yu Komori yang pernah tergigit oleh laba-laba yang terpengaruh oleh radioaktif. Kepopuleran manga ini mendorong keluarnya manga tentang hero laba-laba lain yang berjudul Spider-Man J pada tahun 2004-2005. Walaupun berjudul Spider-Man namun cerita dalam manga ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan kisah Spider-Man versi Hollywood. Tokoh utama manga ini adalah seorang anak 15 tahun yang bernama Sho Amao yang menggunakan kekuatan supernya untuk mengalahkan musuhnya yang bernama Lord Gokibu. Selain manga Spider-Man dan Hulk,  manga lain yang mengangkat kisah pahlawan dari Marvel lainny adalah X-Men:The Manga, X-Men: Misfits, dan Woverine: Prodigal Son.

2.Gankutsou: The Count of Monte Cristo

gankutsuou_the_count_of_m_163_1280

Anime ini merupakan hasil adaptasi dari novel klasik Perancis yang berjudul Le Comte de Monte Cristo yang telah berulang kali diadaptasi dna diangkat ke layar lebar oleh Hollywood. Anime sepanjang 24 episode ini ditayangkan sejak Oktober 2004 hingga Maret 2005. Anime ini selain menggabungkan unsur fiksi ilmiah dan fantasi, juga masih mempertahankan banyak estetika khas Perancis abad 19. Menyusul animenya, manga Gankutsuou telah terbit pada bulan Mei 2005.

3. Batman

bat-manga

Pada tahun 1966 saat serial Batman pertama kali ditayangkan di Jepang, penerbit Shonen-King membeli lisensi hak untuk membuat cerita ini ke dalam serial manga untuk membantu mempopulerkan Batman kepada masyarakat jepang. Akhirnya manga Batman berhasil diciptakan pada bulan April 1966 dan terbit hingga bulan Mei 1967. Dalam novel ini sentuhan khas Jepang sangat terlihat pada musuh-musuh yang menjadi lawan Batman. Musuh Batman berupa zombie, serangga, alien, dan robot raksasa. Setelah semapt hilang selama beberapa dekade, pada tahun 2008 manga ini diterbitkan kembali oleh penerbit Pantheon Books.

4. Teenage Mutant Ninja Turtles

MutantTurtlesCroppedLogo01

Kesuksesan komik Amerika satu ini membuatnya diadaptasi ke dalam manga Jepang pada tahun 1990-an. Manga yang berjudul Mutant Turtle ini hanya mengadaptasi beberapa episode kartun versi Amerikanya saja. Pada tahun 1995, manga lain yang diadaptasi dari komik Amerika ini juga terbit, judulnya adalah Mutant Turtles gaiden dan Mutant Turtles III. Selain manga, muncul juga OVA yang yang berjudul Mutant Turtles: Choujin Densestsu-hen yang di dalamnya sangat kental sentuhan cerita super hero khas Jepang. Dalam OVA ini diceritakan keempat kura-kura ninja bergabung membentuk robot raksasa, selain itu ada pula episode yang menggambarkan keemapat kura-kura ninja tampil menggunakan armor mistis ala Saint Seiya yang dapat berubah menjadi berbagai binatang.

5. Star Wars

swmeb1

Film Star Wars diadaptasi ke dalam manga Star Wars yang memiliki 2 gaiden, yaitu Kuro dan Gin. Selain itu, kisah original Trilogy dan episode I dari film layar lebarnya juga diadaptasi ke dalam manga yang berjudul Star Wars: A New Hope, Star Wars: The Empire Strikes Back, Star Wars: Return of the Jedi dan Star Wars: The Phantom Menace.

 

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    baru tau klo spiderman, batman asli,y dari jepang…,
    kirain dari komik buatan marvel juga.,
    makasi info,y,,,

    Reply
    • noname
      5 tahun yang lalu

      @Ravenitsu Kouzimaru spiderman aslinya dari marvel. batman juga aslinya dari amerika. yang disebutin di atas kan manga dan anime yang mengadaptasi dari cerita hollywood dan luar negeri lainnya.

      Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya