38 Tips Untuk Menghemat Uang Saat Berlibur di Jepang

Saat kalian berencana untuk liburan ke Jepang, yang pertama masalah kalian adalah BIAYA. Akan membutuhkan banyak rincian biaya untuk mengunjugi negara satu ini, negara yang terkenal dengan biaya hidup yang mahal. Apalagi untuk kalian yang baru pertama kali menginjakkan kaki di negeri ini, harus pandai-pandai berhemat agar tidak berhutang setelah liburan. ūüėÄ Tapi kalian tidak perlu takut untuk mencoba datang ke Jepang, tingkat keamanan di negara ini dapat diacungin jempol. Biarpun kalian tidur di trotoar sekalipun, barang-barang kalian tidak akan hilang.

Nahh…berikut akan kami bahas beberapa (38 boksss) tips mengenai menghemat uang kalian saat liburan di negeri ini:

Point terpenting dalam menganggarkan budget liburan yang bisa dihemat adalah:

A. Transportasi

B. Makanan

C. Penginapan

D. Belanja

E. Biaya Komunikasi ke Tanah Air Tercinta

F. Dan lain-lain

Okeeehhhh….mari kita bahas satu per satu.

A. Transportasi

Ada banyak pilihan transportasi di Jepang yang dapat menghemat budget kalian, seperti misalnya:

1. Memanfaatkan JR PASS

untuk kalian yang ingin berada di Jepang lebih dari 7 hari dan mengilingi pulau pulau di Jepang, JR PASS benar-benar dapat menghemat perjalanan transportasi kalian. Tapi ingat, JR PASS hanya bisa di beli di dalam negeri kita tercinta. Selengkapnya tentang prosedur JR PASS dapat kalian lihat di¬†artikel jcul disini inii…http://j-cul.com/jual-jr-pass-tiket-kereta-unlimited-untuk-liburan-di-jepang/

atau langsung ke website: http://www.japanrailpass.net/en/index.html

 

1.jr pass

 

2. Manfaatkan JR PASS Lokal

Seperti halnya JR Pass, JR untuk kota-kota lokal di Jepang juga ada. Seperti:  JR Hokkaido, JR East, JR West, dan JR Kyushu semua memiliki jalur tersendiri di wilayah mereka. Jika kalian tidak bepergian ke seluruh wilayah Jepnag dan hanya tinggal dalam satu wilayah, membeli salah satu JR lokal ini sangat disarankan. Namun, seperti JR Pass, ada beberapa jalur rel yang tidak dapat digunakan. Ada juga syarat dan kondisi yang berlaku, jadi pastikan kalian memeriksa homepage sebelum membeli.

Hokkaido Rail Pass: http://www2.jrhokkaido.co.jp/global/index.html

JR East Pass: http://www.jreast.co.jp/e/eastpass/

JR West Rail Pass: https://www.westjr.co.jp/global/en/travel-information/pass/shop/

Kyushu Rail Pass: http://www.jrkyushu.co.jp/english/railpass/railpass.jsp

2.jr pass

 

3. Manfaatkan Tiket Seishun18

Tiket ini hanya berlaku selama musim semi, musim panas, dan liburan musim dingin, dan memungkinkan kalian untuk menggunakan JR kereta reguler dan kereta cepat sebanyak yang kalian  inginkan selama 5 hari (kereta shinkansen dan limeted express tidak tercakup). Satu tiket hanya  ¥ 11.500 (harga sama untuk orang dewasa dan anak-anak) selama 5 hari.  Tiket ini sangat berguna untuk wisatawan, dimana kalian bisa berbagi tiket, hahahha. Namun, ,nahhh ada namunnya nieee,  jika kalian berbagi tiket, maka setiap wisatawan dihitung 1 hari. Misalnya, jika 5 orang wisatawan berbagi tiket, maka tiket hanya akan berlaku selama 1 hari saja.

Kalian dapat membelinya di JR Midori no Madoguchi atau mesin tiket. Kalian tidak dapat membeli secara online.

3. Seishun18 ticket

4. Manfaatkan Bus Express

Jika kalian berencana untuk bepergian jarak jauh, bus eexpress bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama untuk bus malam, akan lebih murah. Misalnya, kalian bisa naik bus dari Tokyo ke Osaka hanya dengan¬†¬• 2.000. Manfaat lainnya, kalian dapat menghemat biaya penginapan jika tidur dalam bus sat perjalanan malam hari ūüėÄ

Kalian dapat membeli tiket secara online, tetapi tidak ada banyak situs dalam bahasa inggris. Berikut adalah beberapa:

WillerExpress:  http://willerexpress.com/en/

VIPLiner: http://vipliner.biz/?&lang=ENG

Highway-buses.jp: http://highway-buses.jp/

4 bus

 5. Manfaatakan Tiket One Day Pass

Ini adalah promo tiket dari perusahaan kereta api, saat promo kalian dapat menemukan tiket unlimeted dalam 1 hari, kemanapun sepuasnya seharian. Sebagai contoh, perusahaan Kintetsu menawarkan Kintetsu Rail Pass untuk daerah Osaka.

http://www.kintetsu.co.jp/foreign/english/index.html

5 one day pass

 

6. Membeli Tiket Diskon

Toko yang menjual tiket-tiket diskon disebut dengan toko kinken, disini kalian¬†dapat membeli¬†tiket kereta api dan bus dengan harga diskon. “Daikokuya” adalah salah satu yang paling terkenal.Mereka tidak hanya menjual tiket transportasi, tetapi juga tiket untuk konser, acara olahraga, dll.

HP: kinken47.com/ (Jepang Only)

6 tickets

7. Manfaatkan bus-bus lokal

Jika kalian pergi dengan jarak-jarang yang dekat, bus adalah pilihan yang tepat. Tapi ini tergantung pada wilayah, ada beberapa bus, pergi jauh atau dekat harganya sama saja. Ini sangat direkomendasikan untuk perjalanan murah dan dapat santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

7 bus lokal

 

8. Manfaatkan Tempat Penyewaan Sepeda

Bersepeda di Jepang?? jika bisa lebih hemat dan pentingnya adalah kalian tahu jalan, why not to try?? Apalagi untuk jarak-jarak yang hanya dibawah 10km, bisa banget nie dimanfaatkan.

8. Utilize bicycle rental programs

 

Pilihan terakhir untuk menuju tempat lain tanpa biaya sepeserpun adalahhh………………

9. BERJALAN

Jangan takut dan malas berjalan kaki, mimin klo travelling, pastiiii lebih banyak jalan kaki :D. Manfaatkan google map, jika dirasa jaraknya dekat, bukankah lebih baik jalan kaki? Jadi kalian dapat menghemat uang.

9 berjalan

 

B. MAKAN

10. Yoshinoya/Matsuya/Sukiya 

Ini adalah tiga toko gyuudon terbesar di Jepang, Yoshinoya/Matsuya/Sukiya . Kalian bisa makan semangkuk ukuran rata-rata hanya dengan 350-380 yen (per Juli 2015). Tiga toko ini terkenal murah dengan rasa yang luar biasa, kalian harus mencobanya, setidaknya sekali saja.

10. Yoshinoya

 

11. Tachikui soba

“Tachikui” adalah istilah untuk sebuah restoran di mana kalian¬†berdiri untuk makan. Pada restoran soba tachikui, kalian¬†bisa makan soba untuk harga yang sangat murah. Kalian¬†dapat menemukan kakesoba (jenis yang paling sederhana dari soba panas) dan morisoba (jenis yang paling sederhana dari soba dingin) dengan harga¬†300 yen atau kurang. Beberapa restoran¬†tachikui soba adalah Fuji Soba, Komoro Soba, dan Yudetarou.

11

 

12. Self-serve udon restaurants

Di Jepang, ada banyak restoran udon di mana kalian dapat memilih lauk sendiri saat memesan. Di restoran seperti ini harga makanan relatif murah, dan ada banyak cabangnya, jika kalian memilih makanan sederhana, seperti kake udon, kalian dapat makan kurang dari 300 yen. Di antara banyak cabangnya yang paling terkenal adalah Marukame Seimen dan Hanamaru Udon. Jika kalian belum pernah mencoba udon, pilihan standar adalah udon sanuki.

12

 

13. All-you-can-eat restaurants

Bagi kalian yang ingin makan sampai  benar-benar full perutnya, all-you-can-eat restoran adalah piliha terbaik. Jadi kalian bisa makan full, terus seharian gak makan , hahahha.  Ada berbagai all-you-can-eat restoran, termasuk yakiniku,  Buffet makan siang, restoran tonkatsu  dll. Jika kalian tertarik, mintalah rekomendasi dari tempat kalian menginap.

13

 

14. Tester Makanan Jepang di Depachika corners

nahh nahhh…yang ini bener bener gratisss tiss tiss…..

namanya juga testerr….bisa coba sepuasnya sampai perut fullll…..hahahaha. Tester makanan ini dapat kalian temui di berbagai depachika (supermarket bawah tanah) di Jepang. Tapiii jika kalian terus mendatangi 1 depachika secara terus menerus dan tidak belanja, maka itu dianggap tidak sopan, jadi berpindah-pindahlah mencari depachika. Selengkapnya tentang depachika, dapat kalian baca DISINI.¬†

 

14

 

 

15. Berbelanja di Conbini (convenience stores/mini market)

Membeli bento, noodle cup, onigiri, dan makanan lain di conbini akan mendapatkan harga yang murah sehingga kalian dapat  menghemat uang. Dalam toko-toko besar sebenarnya ada tempat di mana Anda bisa duduk dan makan, sehingga Anda dapat menikmati makanan Anda di sana.

15

 

16. Roti Lokal

Di Jepang ada banyak toko penjual roti-roti lokal. Mungkin klo di bali, ini sama kayak Roti Cubit, Roti Manis, yang rata-rata harganya 3000rb an.

16

17. Masak Sendiri

Di beberapa guesthouse/penginapan disediakan dapur dengan segela perlengkapan memasaknya. Siapa tahu kalian membawa mie dari Tanah air tercinta, nahhh kalian tinggal masak air hanget aja deh disana….hemat bgt kan. Ato membeli sayuran di pasar tradisional, dan memasaknya di penginapan….jadi berasa banget suasana menjadi penduduk Jepang. ūüėÄ

17

C. PENGINAPAN

18. Menginap di Kapsul hotel

Style nya yang futuristik menjadikan hotel kapsul sangat populer di kalangan wisatawan. Kalian bisa menginap semalam hanya dengan sekitar 2000 yen. Ini menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dapat menghemat uang kalian.

18

 

19. Menginap di Guesthouse

Target utama Guesthouse adalah para backpackers mancanegara. Ada banyak rumah-rumah pribadi yang direnovasi menjadi guesthouse yang sangat stylish. Hal terbaiksaat kalian meginap di guest house adalah kalian dapat berbincang dengan wisatawan berbagai negara (tapi inget sopan santun yhaaa) . Ada banyak guesthouse di jepang, satu malamnya rata-rata ¥ 2.000, jadi pasti patut dicoba.

Rekomendasi guest house di beberapa kota di Jepang:

http://j-cul.com/20-guesthouse-yang-direkomendasikan-di-osaka/

http://j-cul.com/14-penginapan-nyaman-di-tokyo/

http://j-cul.com/mau-liburan-di-kyoto-dalam-jangka-waktu-yang-lama-ini-rekomendasi-penginapannya/
19

20. Manfaatkan Airbnb

Mungkin backpaker akrab dengan istilah airbnb, tapi untuk kalian yang belum tahu Airbnb adalah sebuah layanan online di mana kalian bisa menyewa sebuah tempat menginap, atau menyewakan rumah kalian untuk tempat menginap bagi orang lain. Tempat yang disewakan bisa berbagai macam bentuk, mulai dari rumah biasa hingga kastil, mulai dari rumah pohon hingga sebuah tenda di pekarangan rumah. Nah di jepang sendiri, wisatawan pengguna Airbnb semakin meningkat. ada banyak pilihan yang dapat kalian gunakan, mulai dari menyewa 1 kamar tidur saja sampai menyewa satu rumah. harganya pun bervariasi, bahkan ada yang hanya 1000 yen permalam.

20

 

21. Tinggal di Area Sauna/Super sento

Di Jepang, sauna dan super sentos adalah tempat untuk tujuan spa, tetapi beberapa dari mereka sering memiliki area istirahat yang besar dan beberapa bahkan memiliki kamar yang tepat yang dapat kalian sewa. Kalian bisa tinggal dengansewa permalam sekitar 3000 yen atau kurang. Namun, ada banyak orang yang tidur di tempat yang sama, jadi harap berhati-hati dengan barang bawaan kalian.

21

22. Tinggal di Tempat Penyewaan Internet

Banyak wisatawan yang mengambil keuntungan dari tempat penyewaan manga/internet. Dimana untuk menyewa 1 biliknya, hanya sekitar 1000yen permalam. Bilik ini akan dilengkapi dengan sofa, kursi atau hanya tatami. Jadi kalian bisa internetan sepuasnya sampai pagi atau membaca manga sampai jungkir balik sekaligus dapat tempat tidur. Tempat ini juga sering menjadi pilihan jika beberapa orang Jepang ketinggalan kereta saat malam hari.

22

23. Tinggal di Kuil

nahhh ini yang ditunggu tunggu….gratis coyyy….

Tapiiiii saat ini, beberapa kuil besar telah melarang wisatawan untuk bermalam di dalamnya. Tetapi kuil-kuil kecil masih memperbolehkan wisatawan menginap dengat syarat harus meminta ijin terlebih dahulu.

23

24. Tidur di restoran

Jika kalian benar-benar tidak menemukan tempat untuk tinggal, sebenarnya ada banyak orang yang tertidur di restoran keluarga ketika mereka sudah ketinggalan kereta terakhir dan tidak bisa pulang.

24

D. Belanja

25. 100 yen shops

Toko serba 100yen, sama seperti toko serba 5rb di Indonesia.  Berbagai macam produk yang ditawarkan di sini, termasuk makanan ringan, kosmetik, alat dapur, alat tulis, pakaian, dan banyak lagi, sehingga kalian dapat membeli oleh-oleh di sini. R

25

 

26. Supermarket

Jika kalian ingin mencari makanan atau minuman, supermarket akan menjadi pilihan termurah. Tergantung pada waktu (seperti tepat sebelum tutup), kalian dapat menemukan diskon besar pada makanan tertentu, seperti halnya PAPAYA shop di Bali.

26

 

27. Drugstore (apotek)

Toko obat di Jepang tidak hanya menjual obat-obatan, mereka juga menjual makanan dan minuman tertentu dengan harga murah. Di drugstore yang besar, kalian dapat membeli makanan standar seperti jus 1.5L atau susu, telur, tahu, roti, makanan beku, bumbu, dan makanan ringan dengan harga yang wajar.

27

28. Manfaatkan Cuci Gudang Uniqlo

Jika kalian tinggal di Jepang untuk waktu yang lama, kalian mungkin kehabisan pakaian. Mampirlah ke Uniqlo. Misalnya, kalian dapat membeli sepasang kaus kaki hanya 300 yen. Juga ada produk yang sering diskon di keranjang sekitar toko, dan kalian bisa menemukan Tshirt hanya dengan 500 yen atau kurang.

28

 

29. Pasar Loak

Jangan kira di jepang kagak ada pasar loak yahhh………pasar loak sering hadir di akhir pekan (sabtu/minggu).

29

30. Lucky Pack (Paket Keberuntungan)

Lucky pack  dijual sekitar Tahun Baru (awal Januari). Lucky pack adalah cara untuk mendapatkan banyak produk dari merek atau toko dengan potongan harga yang menarik; banyak item akan dijual dalam satu paket tetapi kalian tidak akan tahu persis apa yang kalian dapatkan.

30

 

31. Periode Big Sale

Di musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (Desember-Februari), department store, pusat perbelanjaan, toko elektronik, dan toko-toko besar lainnya berlomba saling memberikan diskon utnuk setiap produknya.

31

32. Recycle Shop

Saat kalian  tinggal untuk waktu yang lama di jepang, kalian dapat menemukan barang-barang yang diperlukan seperti selimut, pakaian, peralatan, dan barang-barang lainnya di pusat-pusat daur ulang lokal gratis atau dengan yang relatif murah.

32

 

D. KOMUNIKASI

33. Pilih akses internet yang paling cocok

Di Jepang, ada beberapa cara untuk mengakses Internet saat kalian sedang bepergian mengelilingi Jepang, yaitu:

1. Sewa router pocket wifi (wifi saku).

2. berbayar kontrak dengan layanan wifi

3. nongkrong di spot wifi gratis

4. SIM card berbayar

5. Kafe internet

Nahh pilihan kalian tergantung pada seberapa butuh kalian akan internet, jika hanya untuk mengirim kabar lewat facebook, kalian bisa saja memilih yang no 3 kan? tapi jika untuk mengirim data kerja??? ehmmm…..lebih baik pertimbangkan semuanya yhaa

 

33

34. Telpon Umum

Jika kalian punya teman di Jepang, kalian bisa memanfaatkan telepon umum, karena akan lebih murah daripada menggunakan handphone. Walaupun keberadaan telpon umum sudah semakin jarang karena banyak orang yang telah mempunyai handphone, tetapi di kota-kota besar seperti Tokyo, tidak akan sulit menemukan telphone umum.

34

 

35. Pilih layanan pos internasional yang terbaik

Jika kalian ingin mengirim sesuatu ke rumah (oleh-oleh yang sangat banyak), ada beberapa layanan yang dapat kalian pilih. Japan Post menawarkan EMS (Express Mail Service), SAL (Surface Air Lifted), atau dengan kapal. Ada juga perusahaan swasta yang dapat kalian manfaatkan. Biaya tergantung berat barang dan kecepatan sampai.

35

 

E. BIAYA LAIN-LAIN

36. Laundry

Daripada kalian menggunakan jasa laundry hotel yang relatif mahal, lebih disarankan datang ke laundry lokal dengan menggunakan koin. Walaupun beberapa tempat laundry mengharuskan kalian membawa detergent sendiri, tapi itu bukan masalah daripada laundry di hotel yang mahal. Hanya saja, sebagian mesin laundrynya masih menggunakan tulisan jepang. nhaaa lohhh…..

36

 

37. Menjual barang di Pegadaian

Jika kalian benar-benar kehabisan uang (sebaiknya ini jangan sampai terjadi yhaaa), maka kalian dapat menjual barang-barang pribadi kalian di Pegadaian.

37

38. Manfaatkan kinken shop

Kinken shop menjual tiket perjalanan yang relatif murah,dan terdapat juga tiket untuk banyak hal lain seperti film, teater, olahraga, atau event menarik lainnya.

38

 

Sumber:www.tsunagujapan.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya