30 Game Jepang Terlaris Sepanjang Sejarah (Part 2-End)

Setelah peringkat 30-16 yang uda dibahas di PART 1 yang lalu, di bawah ini ada peringkat 15-1 game produksi Jepang terlaris sepanjang masa.

15. Monster Hunter Portable 2nd G (aka Monster Hunter Freedom Unite) for Playstation Portable – 4.16 juta copy

Edisi yang dirilis pada tahun 2008 ini merupakan jalan cerita game yang paling rumit. Game ini menampilkan versi Monster Hunter kedua yang telah diupdate dari game on Monster Hunter 2 for the PS2.

14.  Super Mario Land for Gameboy – 4.19 juta copy

Waktu perilisannya sama dengan dirilisnya Gameboy pada tahun 1989 yang lalu. Programmer game ini harus bekerja keras agar fitur-fitur pada Super Mario Brothers versi original bisa digunakan dalam gaameboy yang berukuran kecil. Dengan demikian, gamers akan dengan cepat dapat mengingat cara bermain dan musuh-musuh Mario dalam game ini. Walaupun dengan segala keterbatasan teknis, game ini mampu mencapai penjualan besar.

13. Tetris for Gameboy – 4.24 juta copy

Walaupn awalnya hanya terkenal di Rusia, namun pada perkembangannya game ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia setelah kemunculan produk Gameboy pada tahun 1989. Game ini merupakan salah satu prestasi Nintendo yang mampu membuat game yang tidak hanya terkenal di kalangan gamer, namun juga di kalngan non-gamer.

12. Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies for Nintendo DS – 4.3 juta copy

Game ini membuat para gamer membawa DS mereka kemanapun mereka pergi agar bisa memamerkan jika telah berhasil menjadi host pada salah satu chapter. Karena siapaun yang berhasil menjadi host akan bisa mendominasi Jepang.

11. New Super Mario Brothers Wii for Wii – 4.39 juta copy

Merupakan sebuah advance version dari game Nintento DS. Game ini melibatkan 4 orang untuk memainkannya. Walaupun ada beberapa fitur tambahan, namun tetap mempertahankan style game dari Mario versi original.

10. Monster Hunter Portable 3rd for Playstation Portable – 4.7 juta copy

Game ini dirilis pada tahun 2010. Dalam game ini tidak ada lagi water fights, namun kita bisa menemukan monster, senjata-senjata, dan material  baru.

9. Brain Age 2: More Training in Minutes a Day! (aka More Brain Training from Dr. Kawashima: How Old Is Your Brain?) for Nintendo DS – 5.1 juta copy

Game ini merupakan sequel dari versi sebelumnya yang dirilis pada tahun 2005. Game ini memiliki fitur latihan otak yang sama dengan game sebelumnya, namun memiliki fitur tambahan berupa fitur yang mengkombinasikan matematika, huruf kanji, dan kemampuan mengingat.

8. Animal Crossing: Wild World for Nintendo DS – 5.25 juta copy

Game ini bertahan menjadi top-selling produk sejak tahun 2005 hingga tahun 2007. Dalam game ini, kita berperan sebagai seorang penduduk desa yang berteman dengan hewan-hewan peliharaan dan bersama melakukan kegiatan seperti emmancing, bertani, dan shopping.

7. Pokemon (Ruby, Sapphire) for Gameboy Advance – 5.4 juta copy

Dalam pokemon versi ini para gamer harus focus pada monster. Game ini memiliki jalan cerita yang unik dan merupakan game pokemon pertama yang menggunakan warna di dalam game nya. Game ini diikuti dengan perilisan game selanjutnya yang berjudul Emerald.

6. Pokemon (Black, White) for Nintendo DS – 5.45 juta copy

Game ini merupakan game DS dengan jumlah pre order mencapai 1 juta pre ordertercepat sepanjang sejarah. Musim dalam game ini akan berganti sesuai dengan setting waktu pada Nintendo DS, shingga gamer memiliki kesempatan untuk menangkap pokemon baru setiap bulannya. Pokemon dalam game ini memiliki ethnic vibes yang berbeda sehingga memberikan perasaan yang lebih liar.

5. Pokemon (Diamond, Pearl) for Nintendo DS – 5.8 juta copy

Game yang dirilis pada tahun 2006 ini merupakan game pokemon pertama yang member akses pada gamer untuk memanage pokemonnya sendiri dengan teknologi touch screen dan fitur wifi. Versi ini kemudian diikuti dengan versi berikutnya yang berjudul platinum.

4. Pokemon (Gold, Silver) for Gameboy – 6.1 juta copy

Kedua game ini HeartGold dan SoulSilver dirilis pada tahun 1999. Cerita pada game ini diangkat dari versi original red dan green games. Game ini diikuti dengan dirilisnya versi crystal.

3. New Super Mario Brothers for Nintendo DS – 6.3 juta copy

Ini adalah game Mario 2D pertama yang tetap mempertahan originalitas game walupun telah mengalami penambahan banyak fitur baru.

2. Super Mario Brothers for Famicon (NES) – 6.8 juta copy

Game ini mendapat penghargaan dari Guiness Book of World Records sebagai game yang paling laris di seluruh dunia. Game ini merupakan awal karir gemilang dari Shigeru Miyamoto sebagai legenda dalam dunia game production.

1.Pokemon (Red, Green, Blue) for Gameboy – 7.8 juta copy

Game ini terjual hingga 200,000 copy pada minggu pertama perilisannya pada tahun 1996. Ini adalah versi pertama dari game pokemon dan dikatakan memiliki popularitas yang sama dengan game Mario Bros. Dalam game ini kita berperan sebagai pelatih pokemon dan mengumpulkan pokemon untuk kemudian diadu dengan pokemon lain agar bisa menjadi pemenang dari pertrungan.

Sumber: amazon.co.jp , nintendo.co.jp

 

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    baca dari part 1-2 om mario yg mendominasi….,
    ga nyesel dah pernah mainin game.y dulu….,
    hehehehehe

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya