30 Game Jepang Terlaris Sepanjang Sejarah (Part 1)

30. Mario Kart Wii for Wii – 3.51 juta copy

Ini adalah salah satu game Mario Kart yang memiliki fitur baru Wii dan motionnya dikontrol oleh steering wheel add-on. Game ini adalah game dengan penjualan terbesar pada tahun 2008 di dunia untuk kategori recing game

29. Super Mario World for Super Famicom (SNES) – 3.55 juta copy

Pernah dirilis pada tahun 1990, bersamaan dengan Super Famicom (SNES), game ini mengalami kemajuan dari segi grafis dan control scheme led untuk Nintendo.  Game ini juga dikenal sebagai kemunculan pertama Mario bersama seekor Dinosaurus.

28. Wii Fit for Wii – 3.6 juta copy

Game ini menjadi gebrakan baru untuk penjualan Wii pada tahun 2007 karena membawa konsep baru, yaitu konsep kesehatan untuk dunia game. Dalam game ini terdapat praktek pelatihan aerobic dan otot, serta yoga.

27. Tomodachi Collection for Nintendo DS – 3.63 juta copy

Ketika pertama kali dirilis, penjualan game ini hanya mencapai 100.000 copy. Namun akhirnya pada perkembangannya game ini mampu terjual hingga 3 juta copy di tahun pertama. Game ini adalah game di mana kita bisa membuat avatar dari orang-orang disekitar kita kemudian berinteraksi dengan mereka di sebuah pulau pribadi virtual. Avatar diri kita akan berganti-ganti sesuai dengan season.

26. Final Fantasy VIII for Playstation – 3.64 juta copy

Game ini adalah game peringkat ketiga penjualan game Playstation terbesar di Jepang

25. Dragon Quest VIII for Playstation 2 – 3.7 juta copy

Dirilis pada tahun 2004, game ini adalah game awal pernikahan antara Square dan Enix. Karakter Dragon Quest yang digambar oleh kreator Dragonball Akira Toriyama ini kini telah mendapatkan sentuhan 3D pada grafisnya.

24. Wii Sports for Wii – 3.77 juta copy

Ketika dirilis pada tahun 2006, game ini dinobatkan sebagai game sport terlaris di dunia. Dalam game ini, kita bisa menggunakan remote Wii untuk melakukan simulasi tenis, bowling, baseball, golf, tinju dan beberapa olahraga populer lain.

23. Dragon Quest III: And Thus Into The Legend… for Famicon (NES) – 3.8 juta copy

Walaupun konsep pertarungan yang disuguhgan oleh game ini terlihat standar untuk masa sekarang, namun ketika baru dirilis pada tahun 1998 lalu game ini sempat menjadi fenomena di Jepang. Ketika itu pemerintah Jepang melakukan sweeping pada laptop milik pelajar karena  para pelajar memasukkan game ini ke dalam laptopnya sehingga tidak mau belajar.

22. Super Mario Kart for Super Famicom – 3.82 juta copy

Ini adalah seri pertama dari game Mario Kart yang diterbitkan pada tahun 1992 yang lalu. Dengan tantangan racing skill dan track balap yang sulit, bahkan seorang pembalap terlatih sekalipun akan mengalami kesulitan dalam memainkan game ini. Game ini sangat asik dimainkan beramai-ramai.

21. Super Mario Brothers 3 for Famicom (NES) – 3.84 juta copy

Ketika dirilis pada tahun 1988, Nintendo menyebut game ini sebagai game Nintendo terbaik yang pernah ada. Dari segi grafis, control, permainan, dan standar Famicom (NES)-nya, game ini memang gamne terbaik pada masa itu. Game ini menduduki peringkat kedua dalam jajaran game Famicon dengan penjualan terbesar di Jepang.

20. Pokemon (HeartGold, SoulSilver) for Nintendo DS – 3.9 juta copy

Ini adalah game hasil remake dari Pokemon Gold and Silver untuk GameBoy. Game ini mendapat penambahan fitur untuk penggunaan Nintendo DS touch screen dan terhubung dengan DS yang lain.

19. Mario Kart DS for Nintendo DS – 3.92 juta copy

Game ini dirilis untuk DS pada tahun 2005. Game ini mendapat sentuhantambahan special achievements dan the dual screen.

18. Brain Age: Train Your Brain in Minutes a Day! (aka Dr. Kawashima’s Brain Training: How Old Is Your Brain?) for Nintendo DS – 3.95 juta copy

Game yang dirilis pada tahun 2005 ini terkenal tidak hanya di kalangan pengguna DS touchscreen dan gamer tapi juga di kalangan non-gamer khususnya para orang tua di Jepang. Permainan yang ditawarkan adalah permainan asah otak.

17. Final Fantasy VII for Playstation – 4 juta copy

Game yang dirilis pada tahun 1997 ini menjadi fenomena di Jepang bahkan di seluruh dunia. Ini adalah salah satu game dengan tema pertarungan andalan Playstation.

16. Dragon Quest VII: Warriors of Eden for Playstation – 4.14 juta copy

Pada tahun 2000, game Dragon Quest VII merupakan game PS dengan penjualan terbesar di Jepang. Game ini masih menjaga fitir-fitur originalnya.

Gimana? Dari 15 game di atas, kalian uda pernah main yang mana ajja?? Peringkat 15 sampai peringkat 1?? Kita tunggu di artikel selanjutanya yaaa 😀

Sumber: amazon.co.jp , nintendo.co.jp

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya