20 Kata Dasar Bahasa Jepang Yang Harus Kalian Tahu Saat Berlibur Kesana

1. Ohayou Gozaimasu (おはようございます) – Good Morning – Selamat Pagi

Ada dua cara untuk mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Jepang: cara formal dan informal. Cara formal Ohayou Gozaimasu. Ini digunakan jika kalian menyapa orang yang belum dikenal. Cara informal Ohayou, untuk keluarga dan orang-orang dekat yang sudah kalian kenal.

1 ohayou

 

2. Konnichiwa (こんにちは) – Hello – Selamat Siang

Konnichiwa dapat digunakan baik formal maupun informal. Dapat digunakan saat menyapa orang baik pagi, siang, maupun sore, penggunaannya lebih universal. Jadi sangat penting kalian mengetahui kata ini.

2 konichiwa

3. Konbanwa (こんばんは) – Good Evening – Selamat sore

Sama seperti konnichiwa, Konbanwa bisa digunakan baik formal maupun informal untuk mengatakan selamat sore. Ini digunakan saat matahari mulai terbenam sampai dengan malam harinya.

3 konbawa

4. Oyasuminasai (おやすみなさい) – Good Night – Selamat Tidur

Oyasuminasai adalah cara formal mengucapkan selamat tidur. Cara informal cukup diucapkan Oyasumi.  Kata ini biasanya digunakan untuk mengakhiri sebuah percakapan, dengan mengucapkan selamat tidur

4 oyasuminasai

5. Arigatou Gozaimasu (ありがとうございます) – Thank You – Terimakasih

Arigatou Gozaimasu adalah cara formal mengucapkan terima kasih. Cara informal nya cukup diucapkan dengan Arigatou saja. Kebanyakan orang akan membungkuk sambil mengucapkan kalimat ini, untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka.

5 arigatou

 

6. Yoroshiku Onegaishimasu (よろしくお願いします) – (Depends on situation) – Bermakna Berbeda Setiap Situasi

Yoroshiku Onegaishimasu dapat berarti banyak hal dalam situasi yang berbeda, tetapi umumnya ini adalah cara untuk mengatakan silakan dalam cara yang baik. Yoroshiku Onegaishimasu adalah cara formal, sedangkan cara informal yoroshiku.

6 yorishiko

7. Watashi no Namae wa ~ desu. (わたしのなまえは~です。) – My name is ~-Nama Saya..

Watashi berarti saya, no dan wa adalah konjungsi, Namae berarti nama, dan Desu adalah standar mengakhiri kalimat. Dalam bahasa Jepang, nama belakang disebutkan pertama lalu baru menyebutkan nama awal, berbeda dengan inggris yang menyebutkan nama awal terlebih dahulu, baru nama belakang.

7 watashiwa

8. Watashi no ~ desu. (わたしの~です。) – This is my ~- Dia Adalah….

Frasa ini adalah cara untuk memperkenalkan keluarga, teman, atau teman yang sedang kalian ajak jalan. Untuk nama-nama keluarga dalam bahasa Jepang, kalian dapat menggunakan Tsuma (つ ま – Istri), Otto (お っ と – Suami), Kodomo (こ ど も – anak, anak-anak), Oya (お や – Orang tua), Shinseki (し ん せ き – Relatif, Saudara). Untuk hubungan lain, menggunakan ini: Tomodachi (と も だ ち – Teman), Kareshi (か れ し – Boyfriend), Kanojyo (か の じ ょ – Pacar).

8. watashiwa no

9. ~ e Ikitai Desu. (~へいきたいです。) – I want to go to ~- Saya mau pergi ke….

Ikitai (行 き た い) berarti ingin pergi. Frasa ini digunakan saat kalian berada di  taksi, atau ketika kalian berada di kendaraan dan kalian ingin memberitahu sopir kemana kalian akan pergi. Dalam bahasa Jepang, Taksi  adalah Takushi.

9 iawatakai

10. ~ wa Doko Desuka? (~はどこですか?) – Where is ~? – Dimanakah..??

Doko berarti mana. Desuka adalah kalimat standar mengakhiri sebuah pertanyaan. Dokodesuka adalah cara formal menanyakan arah. Doko adalah cara informal mmengucapkannya. Frasa ini dapat digunakan untuk menanyakan arah.

10 doko desuka

 

11. Ue, Shita, Migi, Hidari (うえ、した、みぎ、ひだり) – Up, Down, Right, Left-Atas,Bawah,Kanan,Kiri

Ini akan sangat berarti saat kalian menanyakan arah jalan. Migi atau Hidari???

11 shita

12. Massugu Desu (まっすぐです。) – Go straight- Lurus Ajahh….

Massugu berarti lurus. Massugu desu adalah cara sopan untuk mengatakan lurus saja.

 

12 massugu

13. ~ wo Kudasai. (~をください。) – May I have ~- Mungkin saya akan….

Wo adalah konjungsi. Kudasai adalah cara yang sopan meminta tolong. Dengan menggunakan kalimat ini, kalian dapat melihat produk dari dekat saat berbelanja. Hal ini juga bisa berarti kalian ingin membeli produk.

13 wo kudasai

14. Ikura Desuka? (いくらですか?) – How much is it? – Berapa harganya?

Ikura berarti berapa harganya?. Ikura Desuka adalah ungkapan yang dapat digunakan bahkan jika kalian tidak tahu apa nama produk dalam bahasa Jepang. Jika kalian tahu nama produk dalam bahasa Jepang, kalimatnya akan menjadi seperti ini: (Nama produk) wa Ikura Desuka?

14 ikura desuka

 

15. Wi-fi Arimasuka? (Wi-fiありますか?) – Do you have Wi-fi?- Apakah ada Wifi…

Dengan Wi-fi, kalian dapat terhubung ke Internet meskipun kalian berada di negara asing. Tanyalah ke petugas toko di toko, restoran atau kafe dengan menggunakan kalimat ini. Jika terdapat wifi, mereka akan memberitahu kalian apa passwordnya. Kebanyakan stasiun kereta di Tokyo dilengkapi dengan Wi-fi. Arimasuka berarti Anda punya. Kalian dapat menggunakan kembali kalimat ini dengan mengganti “Wi-fi” dengan objek yang kalian butuhkan, seperti sampo atau kertas toilet. Tapi jangan diganti dengan uang yha, :p

 

 

16. Suki Desu. (すきです。) – I like it/you/this- Saya suka….

Suki berarti suka. Dengan frase Suki Desu, kalian dapat mengekspresikan apa yang kalian suka tanpa mengatakan objek kekaguman. Berguna ketika kalian tidak tahu nama Jepang untuk hal yang kalian suka. Jika kalian tahu, kalimat akan pergi seperti ini; (Nama Object) ga Suki Desu. Jika kalian tidak menyukai sesuatu, kalimat yang kalian ucapkan; Suki Desu Jyanai. Ini adalah cara yang lebih lembut untuk mengatakan kalian tidak menyukai sesuatu.

16 suki

17. Daijyoubu Desu. (だいじょうぶです。) – I’m fine now- Saya baik-baik saja

Daijyoubu berarti tidak apa-apa, atau  baik-baik saja. Daijyoubu Desu adalah cara sopan untuk mengatakan tidak, atau menurun penawaran. kalian bisa mengatakan ini ketika pelayan menuangkan air, atau menawarkan lebih banyak makanan, atau sebagainya.

17 daijobou

18. Omoshiroi Desu. (おもしろいです。) – This is fun/interesting – Menyenangkan

Omoshiroi berarti sesuatu hal yang menyenangkan atau menarik. Omoshiroi Desu adalah cara sopan untuk mengatakan sesuatu yang menarik. Sebuah cara sopan untuk mengatakan  tidak akan pergi seperti ini: Omoshiroku Nai Desu.

18

19. Mou Ikkai. (もういっかい。) – One more time- Sekali lagi

Mou berarti lebih, Ikkai berarti sekali. Mou Ikkai berarti sekali lagi dengan cara yang informal. Sebuah cara formal mengatakan begitu akan pergi seperti ini: Mou Ikkai Onegaishimasu.

19

20. Guai Ga Warui Desu (ぐあいがわるいです。) – I don’t feel well – Saya merasa tidak baik..

Guai berarti kondisi sesuatu. Warui berarti buruk. Guai ga Warui Desu adalah cara formal mengatakan kalian merasa sakit, atau tidak enak badan pada umumnya. Jika kalian ingin lebih spesifik maka sebutkan dimana kalian merasa sakit. kalimat akan pergi seperti ini: (masalah) no  Guai ga Warui Desu. Sebagai contoh, jika kalian ingin mengatakan perut Anda terasa tidak enak badan, itu akan pergi seperti ini: Onaka no Guai ga Warui Desu.

20

 

Sumber: www.tsunagujapan.com

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya