15 Hobi dan Ketertarikan Orang Jepang

15. Karaoke

Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Jepang sangat senang berkaraoke. Banyak tempat-tempat karaoke menyebar diseluruh Jepang. Tidak hanya remaja, orang tua pun senang berkaraoke dengan menyanyikan lagu-lagu rakyat Jepang.

pub

14. Pachinko

Pachinko (パチンコ) adalah permainan ketangkasan asal Jepang yang digunakan sebagai bentuk rekreasi permainan arkade atau sebagai mesinperjudian. Mesin pachinko menyerupai mesin pinball yang diletakkan vertikal, tapi tidak memiliki flipper seperti halnya mesin pinball, sedangkan bola yang dipakai adalah bola-bola logam berukuran kecil dalam jumlah besar.

Pendapatan tahunan dari judi pachinko adalah sekitar ¥ 29000000000000 (378 miliar USD) per tahun. Sekitar satu dari empat orang Jepang memainkan Pachinko dengan pengeluaran rata-rata per pemain adalah $ 7000 tahun

pachinko

13. Traveling

Orang Jepang suka bepergian. Wisatawan Jepang dapat ditemukan di setiap sudut dunia. Dari Pantai Waikiki, hot spring Banff, ke toko-toko bermerek di Paris, taman safari Afrika, Bali,  turis Jepang ada di mana-mana. Jepang juga sering bepergian di dalam negeri.

Pada tahun 2011, 16 juta orang Jepang bepergian ke luar negeri. Tujuan utamanya adalah China, Korea dan Amerika Serikat.

japan-travel1851412630552243820

12. Masker

Jepang adalah salah satu negara yang paling bersih di dunia. Mungkin ini sebabnya orang Jepang sanagt menjaga kebersihan dan menghindari kuman. Hal ini menyebabkan sangat umum melihat orang Jepang memakai masker di depan umum. Orang Jepang memakai masker karena beberapa alasan ini.

face-mask

11. Gosip

Orang Jepang tidak memperdulikan keadaaan gosip yang beredar. Majalah-majalah gosip di Jepang hampir sama dengan majalah gosip di luar negeri yang sebagian besarnya memuat kebohongan. Sampai pada akhirnya, sebuah situs Wai Wai menterjemahkan majalah gosip yang ada di Jepang ke dalam bahasa Inggris untuk konsumsi dunia. Darisinilah banyak wisatawan yang memberitakan tentang Jepang, dan Jepang sendiri tidak nyaman dengan keadaan ini. Akhirnya situs Wai Wai ditutup.

Sebenarnya terjemahan kolom gosip itu tidak menambahkan atau pun mengurangi pemberitaan, namun akan menjadi permasalahan karena gosip yang beredar dianggap serius di luar negeri.

japanese-tabloid1

10. Sesuatu yang Kecil

Orang Jepang sangat menghargai hal-hal kecil. Misalnya, Restoran di Jepang melayani hal-hal yang kecil bahkan piring/mangkok yang digunakan berukuran sangt kecil. Pada 1970-an dan 80-an Jepang membantu untuk merevolusi elektronik dan mobil dengan membuat menjadi lebih kecil, lebih ringan dan lebih tinggi kualitas.

minature-japanese-camera

9. Ikan

Di Jepang, rata-rata orang mengkonsumsi 70 kilogram ikan per tahun. Konsumsi rata-rata global hanya 13 kilogram per tahun dan negara-negara maju eperti Amerika hanya makan sekitar 20 kilogram per tahun per orang.

Jepang adalah sebuah negara kepulauan dengan sumber daya alam. Ikan menjadi bahan makanan kunci untuk kelangsungan hidup di Jepang. Bahkan, kebanyakan orang Jepang  tidak makan daging apapun selain ikan. Info tentang pasar ikan terbesar di Jepang dan seluruh dunia klik DI SINI.

tuna-fish

8. Estetika

Estetika adalah filsafat yang mengatur tentang nilai keindahan, kesopanan dan rasa. Seni Jepang seperti Ikebana, Bonsai, Arsitektur, Taman Jepang, Kaligrafi, dan Upacara Minum Teh itu semua tentang mengajarkan estetika sederhana dan nilai keindahan. Estetika Jepang merupakan bagian penting dari setiap aspek kehidupan Jepang .

7. Berteriak

Dalam banyak situasi orang Jepang sangat bersikap tenang. Namun, ada budaya berteriak di Jepang. Ketika Anda pergi ke sebuah restoran di Jepang, staf akan berteriak menyambut Anda dengan irasshaimase  (いらっしゃい ませ) dan kemungkinan berteriak pesanan Anda ke dapur juga. Hal ini pernah dibahas dalam artikel tentang 7 PERILAKU KASAR YANG BOLEH DILAKUKAN DI JEPANG.

irasshaimase

6.Tidak Menyia-nyiakan Sesuatu

Kata Jepang Mottainai (もったいない) berarti rasa penyesalan tentang membuang-buang sesuatu. Jepang adalah negara kepulauan kecil dengan sedikit sumber daya alam dan merupakan salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia. Orang Jepang cenderung berhemat dan berhati-hati untuk tidak membuang-buang makanan dan sumber daya.

Mottainai

5. Minum

Alkohol seperti Sake dan shochu sangat populer di Jepang tapi bir adalah minuman yang paling dicintai. Koktail juga populer dan beberapa hanya dengan sekitar 2% alkohol. Kebanyakan orang Jepang merupakan peminum yang kuat. Budaya minum bersama teman-teman disebut dengan nomikai dan pernah dibahas secara lengkap di ARTIKEL INI.

tokyo-drinking

4. Manga

Manga sangat populer di Jepang.Dari kalangan tua dan muda, pria dan wanita, anak-anak dan remaja. Manga tersedia dnegan berbagai topik seperti – olahraga, asmara, hewan, perjudian, bisnis, sejarah, fantasi dan kejahatan. Orang tidak malu kecanduan manga dan bisnisman pun sering terlihat membacanya di kereta pagi. Yap, JEPANG MEMANG NEGERI SERIBU OTAKU.

japanese-manga

3. Tim

Berbeda dengan orang Barat yang bersikap individual, orang Jepang umumnya mengandalkan kerja tim. Hal ini pernah dibahas dalam artikel yang membahas tentang 10 SIKAP ORANG JEPANG YANG WAJIB DITIRU. Cara kerja mereka pun sangat terstruktur dan memiliki prinsip Kaizen yang menjadi rahasia kesusksesan setiap pekerjaan mereka. Selengkapnya mengenai apa itu Kaizen pernah dibahas di ARTIKEL INI.

japanese-teamwork

2. Kerja

Orang Jepang sangat rajin bekerja dan kualitas  pekerjaan mereka sangatlah menakjubkan. Di Jepang sendiri adalah perilaku buruk jika pulang sebelum bos Anda. Hal ini sudah pernah dibahas di dalam artikel tentang GAYA HIDUP KARYAWAN DI JEPANG. Bahkan karena bekerja terlalu keras, banyak orang Jepang yang meinggal karena kelelahan bekerja atau yang disebut dengan Karoshi. Selengkapnya tentang karoshi bisa dibaca DI SINI.

japanese-team

1. Onsen

Onsen adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Selengkapnya tentang onsen klik DI SINI, Sampai saat ini Onsen masih cukup diminati di kota-kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas. Kegiatan mandi bersama ini menjadi kegiatan favorit yang dilakukan orang Jepang ketika sedang musim dingin.

onsen1234

Sumber: japantalk

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya