14 Alasan Harus Melakukan Ojigi (Membungkuk) di Jepang

Membungkuk di Jepang (disebut dengan ojigi)bisa digunakan sebagai ucapan salam, memperkenalkan diri, menghormati atau meminta maaf. Ulasan selengkapnya tentang ojigi pernah J Cul bahas di ARTIKEL INI.

Ada beberapa macam tipe arti ojigi di Jepang yg sangat berguna untuk diketahui:

1.Sebagai Salam.
Sudah umum bahwa membungkukkan kepala dan bahu 10° kedepan merupakan cara untuk memberi salam kepada teman atau mengucapkan selamat tinggal.

goodbye-1063

2.Memperkenalkan Diri.
Baik dalam situasi resmi atau santai,membungkukkan badan atas 30derajat kedepan adalah suatu keharusan,dan posisi tangan dan bahu harus lurus dengan tangan berada disamping. Setelah bertukar mesihi,membungkuklah dan tahan selama 1 detik atau lebih. Jangan bertatap mata saat membungkuk (dianggap hal yg buruk),jaga jarak agar tidak berbenturan (sering terjadi).Jika orang yang anda temui adalah orang penting,membungkuklah 45derajat dan jangan membungkuk sambil berjabat tangan diwaktu yang sama.

hotel-practice-1063

3.Bungkukkan Penghormatan.
Membungkuk adalah sebuah ekspresi kemanusiaan yang selalu menandakan menghormati.

bow-to-whale-1063

4.Membungkuk dalam Olahraga.
Bungkukkan rasa hormat lainnya adalah saat dua lawan saling berhadapan dalam pertandingan olahraga,yang umumnya dilakukan dengan bungkukan rendah 20derajat.

sumo-1063

5.Membungkuk dalam upacara agama.
Hal ini juga telah umum,membungkuk kepada dewa diKuil Shinto yang umumnya hanya berupa bungkukan rendah badan atas kamu.

geisha-religious-bow-1063

6.Membungkuk dalam Bela diri.
Beladiri Jepang mempunyai cara tersendiri untuk membungkuk,yang bisa berarti sikap sangat menghormati guru ataupun lawan.

martial-arts-bow-1063

7.Membungkuk pada pembeli.
DiJepang, pembeli dianggap dewa, sudah umum bahwa staff membungkuk kepada pembeli yang biasanya dilakukan dengan membungkukan badan atas sekitar 20derajat.

shinkansen-bow-1063

8.Membungkuk untuk mengucapkan terimakasih.
Biasanya dilakukan dengan membungkukan kepala sedikit saja sebagai tanda keramah tamahan.

daughter-mother-wedding-1063

9.Membungkuk saat pertunjukkan.
Seperti hal nya dibarat,sudah umum bahwa aktor memberikan penghormatan terhadap tepuk tangan penonton dengan cara membungkuk sedikit,namun di Jepang adakalanya para aktor berterima kasih dengan membungkuk rendah,seperti contoh ; para geisha.

gion-1063

10.Permintaan Maaf secara halus.
Permintaan maaf secara halus dilakukan dengan membungkukan kepala 10derajat. Hal ini bisa dilakukan bila kamu secara tak sengaja menabrak seseorang yang mengakibatkan mereka merasa tidak nyaman.biasanya dikuti dengan mengatakan sumimasen.

sumimasen

11.Permintaan maaf biasa.
Jika bos sedang marah pada Anda,bungkukan badan atasmu 45derajat selama 5detik sambil berkata sumimasen deshita (saya menyesal atas kesalahan saya).

Sumimasen-200x300

12.Permintaan maaf yang serius.
Biasa dilakukan jika anda melakukan kesalahan yang cukup serius.Bungkukan badan atas mu 45derajat selama 15-20detik sambil berkata moushiwake gozaimazen deshita (saya sangat menyesal dengan apa yang telah saya lakukan).

ojigi2

13.Permintaam maaf saat panik.
Contoh ; anda adalah seorang pelayan yang tidak sengaja menjatuhkan kopi disalah satu pelanggan,membungkuklah 45 derajat secara terus menerus untuk menunjukkan betapa menyesal nya kamu sambil berkata moushiwake gozaimasen dalam setiap bungkukan.

ojigi

14.Permintaan maaf yang sangat serius.
Anggaplah anda telah melakukan kejahatan yang sangat serius dan anda meminta maaf kepada korba anda. Anda harus membungkuk dari posisi berlutut serendah mungkin. Dan berkata makoto ni moushiwake gozaimasen deshita (saya benar-benar meminta maaf secara tulus atas apa yg telah saya lakukan).

Sumber: www.japan-talk.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya