12 Makanan Terfavorit di Jepang

Ramen

  ramen760

Orang Jepang menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o-soba yang bisa berarti mi. Mi ini tersaji dalam mangkuk penuh kuah dengan berbagai macam bahan lainnya. Kuah ramen sangat beraneka ragam tergantung pada jenis kaldu dan bumbu yang digunakan. Baca juga 5 Ramen Paling Unik Dari Jepang , Ramen Paling Menjijikkan di Dunia, dan Ramen Ice Cream

Miso Soup

miso-soup2

Miso soup serupa dengan ramen. Namun, penggunaan bahan yang sederhana dan porsi yang kecil membuat masakan ini menjadi sajian pembuka acara bersantap. Miso soup umumnya terdiri dari dashi (rumput laut, ikan teri) dan miso (pasta fermentasi yang dibuat dari kedelai). Baca tentang bumbu miso yang paling terkenal di Jepang di artikel Harus Sabar Menungu 1 Tahun Untuk Bisa Mendapatkan Bumbu Miso Ini.

Sushi

143

Sushi menyebut pada nasi yang dibentuk dalam porsi sekali suap bersama neta (lauk) berupa makanan laut, daging, maupun sayuran. Nasi ini umumnya mempunyai rasa masam karena menggunakan campuran cuka beras, garam, dan gula. Baca juga artikel tentang Cara Makan Sushi yang Benar    dan Makan Sushi di Angkringan Kaki Lima Ala Jepang.

Tempura

tempura

Tempura adalah seafood atau sayuran yang dicelupkan ke adonan dan digoreng. Sajian ini biasanya menyertakan saus dan daikon.

Teriyaki

teriyaki

Teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus khas teriyaki (tare). Saus ini biasanya dibuat dengan campuran kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir.

Shabu-shabu

Processed by: Helicon Filter;

Shabu-shabu atau sabu sabu merupakan jenis makanan nabe yang dimasak dan dihidangkan dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci berikut aneka ragam bahan makanan diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas di atas meja. Jadi, seperti memasak sendiri. Shabu-shabu yang disantap beramai-ramai bisa juga disebut steamboat.

Yakitori

yakitori-Ayam-paprika

Yakitori merupakan sate ala Jepang yang menggunakan potongan daging ayam dan sayuran seperti paprika dan bawang putih.

Sukiyaki

 sukiyaki

Sukiyaki adalah sup berisi sayuran dan daging sapi dan telur. Sayuran biasanya menggunakan daun bawang, jamur shiitake dan daun krisan (shungiku). Pun kerap ditambahkan tahu dan mie (shirataki) dan bahan dimasak dalam saus yang terbuat dari kecap, gula dan sake manis (mirin). Yang pengen coba bikin burger isi sukiyaki, resepnya bisa dilihat DI SINI.

Soba dan Udon

163

Soba dan udon merupakan jenis mi khas Jepang. Soba terbuat dari tepung gandum yang digiling dengan tangan hingga menghasilkan lebar atau diameter sekitar 1-2 mm. Sedangkan udon yang terbuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar memiliki diameter lebih dari 1,7 mm. Cara buat soba bisa klik DI SINI dan artikel tentang udon yang paling terkenal di Jepang bisa klik DI SINI.

Sashimi

 sashimi

Sashimi merupakan makanan Jepang berupa ikan laut yang diris tipis-tipis dan langsung dimakan dalam keadaan mentah dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Donburi

donburi

Donburi merupakan nasi putih yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah dalam satu mangkuk. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin. Yang pengen nyoba bikin donburi, resepnya bisa dilihat DI SINI.

Onigiri

onigiri

Onigiri adalah nasi yang dipadatkan sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, onigiri biasa dimakan dengan tangan.

Kalo kamu, yang mana makanan favoritmu??

  1. jeni
    1 tahun yang lalu

    Ramen tuh makanan fav ku… untung deket rumah ada yang jual (mangkok ramen)

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya