10 Peraturan Yang Sedikit Diketahui Saat Menikmati Makanan Jepang

Jepang memanglah negara yang sudah terkenal akan kelezattan sushi serta tempura nya. Di restaurant Jepang yang ada di Indonesia juga selalu ramai akan pengunjung, nuansa jepang pun dibuat pada ruangan restaurant agar bernuansa Jepang, tidak lupa alat makan disini yakni sumpit ( Hashi 箸 ).

Namun apakah jculers pernah mencampur wasabi dengan kecap jepang? atau menaruh sumpit diatas piring saji ? sebenarnya hal-hal ini tidak boleh dilakukan, termasuk yang dibawah ini :

1) Jangan gunakan tangan anda untuk menangkap makanan jatuh 

screen-shot-2013-12-17-at-5-59-40-am

Menggunakan tezara (手 皿), secara harfiah “piring tangan,” untuk menjaga makanan yang jatuh dengan menadahkan tangan kiri kita mungkin terlihat sopan, karena kita menjaga kebersihan meja makan kita, namun sebenarnya ini perilaku yang buruk.

2) Hindari menggunakan gigi untuk memotong makanan menjadi setengah bagian
Secara umum, Anda harus selalu mencoba untuk makan makanan Jepang dalam satu gigitan dan menghindari menggunakan gigi untuk merobek makanan menjadi potongan kecil. Karena itu tidak sopan menempatkan makanan yang telah digigit setengah dimakan kembali di piring, tutup mulut Anda dengan tangan Anda saat mengunyah potongan-potongan besar makanan.

3) Jangan pernah mencampur wasabi ke kecap anda

screen-shot-2013-12-17-at-6-54-35-am

Cara seperti ini terlihat di berbagai restaurant Jepang di seluruh dunia, namun kebiasaan ini harus dihindari. Sebaliknya, menempatkan sejumlah kecil wasabi langsung pada sepotong sashimi dan kemudian mencelupkan ikan ke dalam kecap merupakan hal yang benar.

4) Jangan membalikkan tutup mangkuk anda

Pembalikan tutup mangkuk anda bisa menjadi isyarat untuk selesai makan, bagaimanapun, isyarat yang tepat adalah mengganti tutup di atas mangkuk, . Hal ini karena Anda dapat merusak tutup dengan membalikkannya.

5) Jangan menempatkan cangkang kerang di tutup mangkuk atau di piring terpisah

shijimi-clams

Ketika menikmati kerang atau kerang lainnya, banyak orang cenderung untuk menempatkan cangkang kosong di tutup mangkuk atau piring terpisah setelah mereka selesai memakan isi daging kerang. Ini sebenarnya tidak sopan dan harus dihindari, pengunjung malah harus meninggalkan shell di dalam mangkuk yang disajikan .

6) Jangan pegang sumpit Anda sebelum mengambil mangkuk anda

Ketika makan makanan Jepang, anda harus terlebih dahulu mengambil mangkuk atau piring anda yang akan menjadi tempat makan , baru kemudian mengambil sumpit Anda. Ketika mengambil mangkuk lain, pertama meletakkan sumpit Anda, kemudian ambilah mangkuk baru itu. Hanya setelah Anda telah mengambil mangkuk kedua harus Anda mengambil sumpit anda lagi.

7) Jangan bermain dengan sumpit ketika hendak mengambil makanan

mayoi-bashi

Tidak yakin mau makan yang mana dulu ? Melayangkan sumpit anda atau bolak-balik selama anda tidak mengambil lauk adalah pelanggaran etika. Ini perilaku buruk sehingga praktek memiliki nama resmi, mayoibashi (迷い 箸), secara harfiah “ragu-ragu sumpit.” Menyentuh makanan dengan sumpit anda sendiri dan kemudian menarik mereka tanpa mengambil sesuatu disebut sorabashi (空 箸), atau “kosong sumpit, “dan juga harus dihindari.

8) Menaruh sumpit diatas mangkuk ketika beristirahat

screen-shot-2013-12-17-at-7-34-38-am

Jika Anda ingin meletakkan sumpit anda, anda harus melakukannya pada tempat sumpit, atau hashioki (箸置き). Jika tidak tersedia, gunakan pembungkus sumpit kemudian anda buat seperti hashioki. Jika pembungkus tidak tersedia, Anda harus beristirahat sumpit anda di sisi nampan atau item serupa lainnya di atas meja.

9) Jangan gunakan ujung atas sumpit anda untuk mengambil makanan 

Karena punggung dari sumpit yang mana tangan Anda beristirahat, itu sebenarnya bukan daerah yang sangat bersih dan tidak boleh digunakan untuk mengambil makanan.

10) Jangan pernah mengangkat makanan anda lewat dari batas atas mulut Anda

Banyak orang mengangkat makanan mereka untuk sekitar tingkat mata sambil berkata, itadakimasu sebelum makan. Namun, etiket yang tepat menyatakan bahwa Anda tidak harus menaikkan makanan Anda di atas mulut Anda.

sumber : http://en.rocketnews24.com/2013/12/17/10-little-known-rules-for-eating-japanese-food/

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya