4 onigiri

10 Fakta Menarik Onigiri

Kalian pasti tau onogiri kannn??? itu loee, nasi tumpeng yang umunya berbentuk segitiga….blom inget juga, nie gambarnya:

onigiri-1

sering kan liatnya??? klo datang ke acara jejepangan, pasti ada deh makanan ini….. :)) Onigiri merupakan makanan yang penting ada dalam hidangan jepang

Berikut adalah 10 fakta tentang onigiri:

1. Bahan Dasar Onigiri adalah Beras

Beras yang sudah dimasak menjadi nasi adalah bahan utama onigiri.  Nigiri (grip) berarti “memegang kuat”. Ini berasal dari prosedur untuk membuat onigiri, di mana kalian harus kuat menngepal dan menahan nasi untuk membuat bentuk onigiri. Meskipun terjemahan onigiri adalah “nasi”, bentuk onigiri tidak selalu segitiga. Rumput laut pada onigir, bole diisi boleh tidak, tergantung selera.

1 onigiri

 

2. Semua orang Jepang mengetahui Onigiri sebagai makanan utama atau untuk cemilan

Onigiri sangat mudah ditemukan di Jepang, di toko, mini mart, atau supermarket. Onigiri dapat sebagai bekal makan siang anak-anak ke sekolah. Beberapa restoran menyajikan onigiri di menu mereka. Jika kalian sering menonton anime Jepang, manga, TV drama atau film,kalian pasti melihat satu atau dua onigiri muncul di menu makanan. Kalian tidak perlu memakai alat bantguan seperti sendok atau sumpit untuk memakannya, cukup dengan tangan saja.

2 onigiri

 

3. Tidak hanya berbentuk segitiga atau bulat, ada banyak bentuk onigiri

Bnetuk standar onigiri adalah segitiga, seperti gambar dibawah ini.

4 onigiri

 

Dan ini bentuk-bentuk onigiri lainnya lengkap dengan ekspresi-ekspresi lucu…. :D, Jadi kalian bisa membuat onigiri ini untuk mengungkapkan perasaan kalian saat itu.

5 onigiri

 

4. Banyak Bahan Makanan Pelengkap Onigiri

Onigiri gu (具) adalah makanan yang disajikan disamping-samping onigiri. Onigiri gu yang sangat standar adalah umeboshi (梅干し)/acar, atau tsukudani (佃煮), yang merupakan bahan makanan yang direbus dalam kecap. Kalian dapat menambahkan apa pun dalam onigiri, sehingga membentuk onigiri yang bervariasi.

6 onigiri

 

5. Banyak cara untuk membungkus onigiri

7 onigiri

Seperti yang telah disebutkan diatas, membungkus onigiri dengan rumput laut boleh-boleh saja (optional), namun sangat disarankan untuk membungkusnya. Tanpa bungkus rumput laut, tangan kalian akan sangat lengket saat memakannya.

 

8 onigiri

 

6. Tidak Hanya Berbahan Dasar Beras Putih

Bahkan nasi goreng pun datang dipakai sebagai onigiri, , beras merahnasi kuning, dll. Gambar di bawah ini adalah onigiri dengan nasi putih dicampur dengan ikan tuna goreng dan wijen.

9 onigiri

 

7. Banyak Toko yang Menjual Onigiri

Seven Eleven, Family Mart, Lawson, dan toko-toko yang terkenal lainnya seperti mini Mart kemungkinan besar menjual onigiri yang berdampingan dengan sandwich dan salad. Onigiri yang dijual umumnya berbentuk segitiga dengan rumput laut kering yang dibungkus di sekitarnya. Isiannya bervariasi, tuna dengan mayones, tuna goreng, kimchi, ayam goreng, dan sebagainya.

10 onigiri

 

8. Cara Membuka Onigiri yang Dijual di Pertokoan

Nahh untuk lebih jelasnya, silahkan menonton langsung video di bawah ini:

 

9. Cara Membuat Onigiri di Rumah

10. Bahkan Ada Toko Khusus Penjual Onigiri

Nama toko nya adalah  Omusubi no Gonbee (おむすびの権兵衛). Onigiri di toko ini sedikit lebih besar dari di pertokoan lain pada umumnya. Harga nya pun murah, Situs resmi dalam bahasa Jepang di sini.

11 onigiri

 

 

Sumber: www.tsunagujapan.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya