jepang_design0

10 Ciri Khas Desain Jepang Yang Menunjukkan Jepang Banget

Apa sie yang ngebuat kalian menilai klo desain yang lagi kalian liat bener-bener Jepang bangett??? Gak sembarangan lohh ngasi nilai klo sebuah desain disimpulkan jepang banget. Misalnya, kalian pernah lihat poster iklan di majalah, di jalan, dan berkata…..Woww, keliatannya Jepang banget?, Nahh designer jepang memiliki ciri khas yang bener-bener menunjukkan klo mereka Jepang banget. Contohnya, poster di link ini. Tapii gaya desain pasti berubah mengikuti jaman. Namun demikian, di abad 21 ini, desain grafis Jepang masih punya kualitas dan menjadi inspirasi untuk para desainer dunia.

 

Mary Stribley, seorang penulis di website desain grafis “Design School”, mengklompookan 10 daftar elemen umum yang bisa ditemukan di desain grafis Jepang yang menjadikan ciri khasnya Jepang:

1. Pilihan Warna-Warna Terang

Jika kalian memperhatikan window di mall-mall di Tokyo, gambar seperti di bawah ini pasti akan sering kalian jumpai. Warna-warna cerah bahkan bisa kalian lihat juga di majalah-majalah.

jepang_design1

2. Bahasa Yang Bervariasi

Meskipun Bahasa Inggris masih menjadi mata pelajaran yang ditakuti siswa di Jepang, desain jepang justru memakai bahasa ingris dalam karyanya, misalnya pada T-shirt. Walaupun tatanan bahasa inggrisnya tidak selalu benar, akan terlihat keren jika dipadupadankan dengan tulisan Jepang.

jepang_design2

3. Tata huruf (Custom typography)

Tentu kalian tau kan gimana kontroversi desain logo dari Olimpiade Tokyo 2020? Desain seperti itu mungkin terjadi karena mereka terlalu berpatok pada tipografi tertentu. Tapi banyak desainer grafis Jepang yang melakukan hal yang sama karena mereka sendiri dari awal sudah punya tipografi khas sendiri. Coba aja lihat gambar di bawah ini. Kalian nggak bakal mungkin bisa menemukan jenis huruf unik seperti ini.

jepang_design3

4. Sapuan Kuas (Brush strokes)

Bagian berakar dari budaya Jepang adalah kaligrafi, dikenal sebagai shodo dalam bahasa Jepang. Anak mulai belajar shodo di sekolah di kelas pertama, tetapi banyak memilih untuk terus berlatih setelah itu, bercita-cita untuk mencapai “master” tingkat, pada sistem penilaian yang sama dengan seni bela diri. Tak perlu dikatakan, itu lelucon, dan shodo dan sapuan kuas karakteristik juga telah menemukan tempat mereka di dunia desain grafis.

jepang_design4

5. Gradients

Teknik Ombre tidak hanya bisa digunakan dalam dunia fashion ataupun rambut, tetapi dalam pewarnaan desain grafis Jepang teknik ini juga sangat populer. Seperti gambar dibawah ini, gradasi warnanya sangat bagus bahkan diterapkan dalam font.

jepang_design5

6. Pola Bunga-Bunga

Ikebana, atau seni merangkai bunga, adalah budaya yang mengakar di masyarakat Jepang. Ikebana juga berhubungan dengan hanakotoba, atau “bahasa bunga”, yang mempelajari bahwa tiap bunga mempunyai simbol, emosi, dan renungan khusus. Sakura adalah bunga yang paling sering digunakan dalam sebuah seni. Tapi kalo kalian melihat bunga lain digunakan dalam sebuah desain, coba lihat apa arti bunga tersebut.

jepang_design6

7. Pola Lingkaran/simetri

Lingkaran dan simetri telah muncul  dalam desain Jepang dari zaman dulu. Desain lingkaran ini juga bisa masih bisa kita lihat dan nikmati di Jepang dalam bentuk tutup selokan.

jepang_design7

8. Desain Yang Lucu (cuteness)

Tentu kalian sudah tau bahwa budaya Jepang sangat lucu-lucu dan terlihat aneh. Seperti hello kitty, kumamon, funassy dll, mereka benar-benar lucu kan? tidak hanya untuk anak-anak, design yang lucu-lucu ini banyak digunakan oleh para orang dewasa, bahkan perusahaan telekomunikasi (gambar dibawah) dan juga militer/polisi.

jepang_design8

 

9. Padat informasi dan tulisan

Pernahkan kalian melihat dan perhatikan bahwa iklan di Jepang penuh dengan tulisan? Bagi sebagian besar desainer Jepang berpendapat bahwa semakin banyak informasi yang diberikan, maka akan semakin bagus.

jepang_design9

10.Collage dan layering

Kalo diliat sekilas, desain dibawah ini terkesan berantakan, tapi semuanya sudah diatur sedemikian rupa. Layering dan penggunaan collage yang membuat desain Jepang terlihat unik dan eye-catching.

jepang_design10

 

 

Sumber: en.rocketnews24.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya